Babinsa Koramil 0804/01 Magetan berikan pembinaan dan pelatihan linmas Desa banjar panjang kec. Ngariboyo kab. Magetan yang dilaksanakan pada hari Kamis 26 Oktober 2017. Dengan diikuti 31 anggota linmas yang bertempat di halaman balai banjar panjang kec. Ngariboyo dihadiri Kepala Desa banjar panjang Sarbini beserta Kepala Dusun dan perangkat desa. Adapun hadir dalam acara ini adalah Danramil 0804/01 diwakili Danpos Peltu Sumani, Kapolsek ngariboyo (diwakili Aiptu  Amin Nadi ), Kades banjar panjang bpk Sarbini,  Babinsa (Sertu Maryoto ), Babinkantipmas (Aipda Tri jumadya)

Kepala Desa banjar panjang Sarbini menyampaikan pada sambutannya ” Saya sangat mendukung adanya peran aktif Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Desa banjar panjang dalam pelatihan ini, karena bisa meningkatkan kedisiplinan anggota linmas. Satuan linmas, Rt / Rw dan Kepala Dusun sebagai benteng di lingkup Desa. Linmas sebagai penyangga pemerintahan Desa harus tanggap dengan dinamika masyarakat yg berkembang beserta ancaman – ancaman gangguan kamtibmas di lingkup Desa ” jelas Kepala Desa.

Kegiatan pembinaan dan pelatihan ini dalam rangka mengembangkan potensi satuan linmas tingkat Desa melalui program pelatihan dari Babinsa dengan memberikan pembinaan kesadaran hukum kepada satuan linmas. Anggota linmas mempunyai gambaran dan mengetahui gerakan PBB dan PPM dengan benar, sehingga anggota linmas khususnya Desa Desa banjar panjang akan terbentuk karakter disiplin yang tinggi, karena linmas adalah garda terdepan di Desa, suatu Desa akan tampak baik jika linmasnya desa tersebut juga baik. Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga menghimbau kepada satuan linmas sebagai pelindung masyarakat agar berperan aktif dalam menjaga ketertiban dan keamanan di tingkat Desa serta mempunyai kepekaan terhadap lingkungan sekitar Desa.

Danramil 0804/01 Magetan  mengapresiasi untuk satuan linmas, tugas linmas sebagai pelayan, pelindung, pengayom masyarakat di tingkat Desa juga dalam penanggulangan bencana alam. Seperti yang tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 84 Tahun 2014.

“Agar terjalin hubungan komunikasi yang harmonis antara pihak Koramil 0804/01 Magetan dan Polsek Magetan  dengan seluruh anggota linmas, kami mengharapkan dengan keberadaan linmas di setiap Desa dapat membantu tugas – tugas TNI dan Polri dalam melakukan deteksi dini terutama antisipasi keberadaan pelaku kejahatan yang kemungkinan mereka berada dan bertempat tinggal di wilayah Kecamatan Magetan, ” ujar Ujar Danpos Ngariboyo Peltu Sumani.

Kapolsek yang di wakili (Aiptu Amin nadi) mengatakan Linmas merupakan satuan tugas keamanan yang ada di desa di bawah kendali bapak kades sehingga linmas mempunyai tanggung jawab masalah keamanan dan ketertipan yang ada di desa.  saya mengharapkan linmas supaya di tunjuk danton maupun danru sehingga dalam pelaksaan tugas bisa berjalan dengan baik dan bapak linmas harus lebih baik dari sebelum di adakan pelatihan sehingga kades tidak mubadir mengadakan pelatihan ini. apabila bapak linmas tidak tahu akan tugasnya lebih baik tanya kepada kades dan bapak linmas harus mempunyai rasa di siplin dan tanggung jawab setiap tugas yang di berikan. tlng waspadai warga baru yg masuk ke ds banjar panjang segera laporkan ke perangkat desa atau babinsa / babinkaptipmas catat no hp nya segera tlp atau sms krn br2 ini ada teroris yg tertangkap di wil ponorogo. selamat berlatih dan moga kedepan desa banjar panjang lebih aman.

Lebih lanjut Komandan Pos Ngariboyo Peltu sumani menyampaikan  kepada linmas Desa Banjarpanjang ucapan terima kasih kepada anggota  linmas yang hadir di sini mengikuti pembinaan dan pelatihan LINMAS harapan bapak bapak linmas bisa berkomunikasi dengan koramil khususnya masalah keamanan. linmas merupakan garda terdepan yang ada di desa jadi saya mengharapkan untuk selalu bekerja sama dengan babinsa selain itu bila di desa ada tamu asing untuk segera di cek dan di laporkan kepada kades harapannya untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas. Kami ucapkan selamat berlatih  kepada bapak-bapak  linmas semoga kedepan lebih baik dan lebih aman desa banjar panjang

Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga memberikan pemahaman kepada satuan linmas harus Proxy Warning, yang artinya tanggap terhadap ancaman berbasis teknologi dan ancaman terorisme. Satuan linmas sebagai pelindung masyarakat harus berperan aktif dalam menjaga ketertiban dan keamanan di tingkat Desa, dan juga satuan linmas mempunyai kepekaan terhadap lingkungan sekitar.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Sertu Maryoto Babinsa Desa Banjarpanjang juga menghimbau dengan kebersamaan antara aparat Pemerintah TNI-POLRI dan masyarakat akan tercipta suatu keamanan yg baik dan kondusif sehingga masyarakat dapat hidup nyaman dan damai dalam kehidupan sehari-hari. Lebih lanjut Babinsa dan Bhabinkamtibmas menyampaikan masalah narkoba dan diharapkan kepada seluruh warga masyarakat jangan sampai ada yg menggunakan narkoba dari bentuk apa pun dan khususnya anggota linmas.

Pada akhir kata Babinsa  Sertu Maryoto menambahkan khususnya anggota linmas agar waspada terhadap warga baru atau pendatang, guna mengantisipasi berkembangnya jaringan teroris yang masuk, dengan mengadakan tamu wajib lapor mulai dari tingkat Rt / Rw. (tsr dim 0804)

Tinggalkan Balasan