Danramil 0804/13 Bendo Menghadiri Suran Seniman Se Kabupaten Magetan.

Danramil 0804/13 Bendo Menghadiri Suran Seniman Se Kabupaten Magetan.Bendo. Kamis, 19 Oktober 2017. Dari pagi hingga malam masyarakat Desa pingkuk Kecamatan Bendo berbondong-bondong untuk melihat berbagai hiburan tradisional dalam rangka “Suran seniman sekabupaten magetan” yang digelar di rumah bapak sarmo rt 16 rw 03 desa pingkuk dan Lapangan desa pingkuk kecamatan bendo kabupaten magetan.

Dalam acara pentas seni tradisional tersebut dihadiri oleh Bupati Magetan Bapak Drs. Dr. Sumantri, MM. Yang didampingi Kepala Dinas Pariwisata Bapak Siran serta hadir pula rombongan dari Forkompimcam Kecamatan Bendo Bapak Kun Ikhwan Camat bendo, Kapten Inf Efendi Santoso Danramil 0804/13 Bendo dan Akp Daeng Kapolsek Bendo serta toga, tomas, toda dan masyarakat desa pingkuk dan sekitarnya.

Acara suran seniman sekabupaten magetan dimulai dari pukul 09.00 wib dengan hiburan karawitan Abdi manunggal dengan Mc. Bpk timbul dan pada pukul 11.00 wib dilanjutkan dengan hiburan reog dengan Mc. Yudhi emping yang menyajikan beberapa atraksi diantaranya Rampak jatil, Bujang ganong, Iker dadak merak dan Jaranan yang melibatkan 32  group reog sekabupaten magetan sehingga acara reog sangat meriah dan berlangsung sampai pukul 15.00 wib.

Acara selanjutnya yaitu kolaborasi campursari, tembang kenangan, dangdut dan kroncong yang dipandu oleh bpk kamto dkk dengan menampilkan beberapa group dangdut diantaranya Sendang Arum, Pujangga, Osaka dan Irada. Dan acara berlangsung hingga menjelang magrib untuk di adakan break dulu.

Pada pukul 19.15 wib setelah sholat isya dilanjutkan acara tari-tarian yang dipersembahkan oleh sanggar tari luk-luk dan sanggar tari sari budaya. Setelah acara tari-tarian ditampilkan pula musik alternatif yang dipimpin oleh bapak joko dengan nama group Alegro

Acara inti pukul 20.00 wib dengan menampilkan tari Doger oleh seniman tari Kab. Magetan dan Indonesia Raya oleh Henie Galaran.

Dan doa yang dipimpin oleh kades pingkuk bapak Azis santoso, sambutan dari ketua panitia 10 M dan dilanjutkan dengan prosesi kirap seniman yang dipandu oleh bapak sartono dan bu narti.

Acara prosesi selesai dilanjutkan sambutan dari bapak bupati magetan Drs. Dr. Sumantri, MM.

Acara hiburan dilanjutkan dengan menampilkan fragmen bambang cakil yang dibawakan oleh Muji Rukayah.

Pada pukul 21.30 wib sampai dengan selesai acara hiburan tradisional dalam rangka suran seniman sekabupaten magetan menggelar pertunjukan wayang kulit dengan Dalang Ki Puthut Puji Agus S. dari Kecamatan Parang dengan lakon “Sang Sumantri” dengan penonton kurang lebih 1.500 orang.

Tinggalkan Balasan