Lomba Desa SehatMagetan. Selasa, 24 Oktober 2017. Tim penilai lomba desa sehat tingkat Kab. Magetan yang dipimpin langsung oleh Bpk Sapto dari Dinkes Magetan mengunjungi  Desa Malang Kec. Maospati. Hadir juga dalam kegiatan tersebut  Camat Maospati Bpk. Arif Rahman Hakim.  Danramil Maospati di wakili Babinsa. Kapolsek Maospati Kompol Basuki. Pj. Kepala Desa Malang Bpk Zainal Arifin. Tim penilai Kab. Magetan Bpk Sapto dari Dinkes Magetan.  Ka. Puskesmas Maospati Bpk Dr. Edi dan Kepala sekolah SDN Malang.

Pejabat Kepala Desa Malang, Zaenal Arifin mengaku telah melakukan berbagai upaya dalam menciptakan lingkungan sehat, mulai dari sosialisasi kepada masyarakat untuk membudayakan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat  (PHBS) hingga pada memberikan bantuan kloset dan penampung tinja kepada warganya, bekerjasama dengan koramil setempat melalui program jambanisasi beberapa waktu lalu agar setiap rumah diwilayahnya itu memiliki jamban.

 “Upaya semaksimal mungkin telah dilakukan dan hari ini dilakukan penilaian lomba desa sehat tingkat Kabupaten. Saya memandang Pokja (Kelompok kerja) desa sehat merupakan program pemerintah yang sangat membantu secara langsung agar masyarakat sadar akan hidup dilingkungan yang sehat,” kata Zaenal Arifin”

Untuk mencapai lingkungan sehat, pihak Pemerintah Desa Malang juga menganjurkan kepada warganya agar memanfaatkan lahan kosong pekarangan rumah masing-masing dijadikan area tanaman apotik hidup budidaya tanaman yang bisa dijadikan obat.

Selain itu, Karya Bakti juga terus digalakkan di Desa Malang. Hal ini dinilai mampu menjadikan warganya memiliki rasa kepedulian yang tinggi akan kebersihan, sehingga galakkan menjaga kebersihan yang sering dilakukan pemerintah desa disambut baik warganya.

“Program desa bersih sesuai dengan motto Desa Malang bahwa ditubuh sehat membawa jiwa yang sehat, untuk kemajuan bangsa, merdeka!,” serunya penuh semangat.

Tinggalkan Balasan