Magetan, Rabu (11/7/2012) Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII Dim 0804/Magetan Ny. Nurida Sugiono dampingi Ibu Danrem 0801/Dsj Ny. Dahlan Harahap beserta rombongan yang mengunjungi Showroom Batik “SIDOMUKTI” yang bertempat di Dusun Papringan, Desa Sidomukti, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Sebuah perkampungan di bawah lereng gunung lawu.

Untuk pergi ke perkampungan Pengrajin Batik ini dari kota Magetan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Dari pertigaan Pasar Plaosan, terdapat pertigaan, kemudian masuk ke arah kiri (ada dua jalan, pilih yang paling kiri bukan yang ke atas). Kita akan melewati jalan setapak yang lumayan sudah di aspal, disepanjang jalan itu terdapat banyak peternakan ayam di sebelah kiri dan kanan jalan. Kurang lebih 2 Kilometer terdapat pertigaan kecil, dan disebelah kiri jalan nanti ada papan yang bertuliskan ” SENTRA BATIK ” kemudian belok ke kanan, kira-kira 30 meter dari situ kita akan masuk ke perkampungan sidomukti. Dipintu masuk perkampungan ini terdapat juga patung seorang ibu yang sedang membatik.

Ibu Danrem 081/DSJ Ny Dahlan Harahap melihat batik sidomukti
Ibu Danrem 081/DSJ Ny Dahlan Harahap melihat batik sidomukti

Batik merupakan warisan budaya dari para leluhur Bangsa Indonesia, hampir di setiap daerah memiliki seni, corak dan motifnya sendiri-sendiri bahkan jenisnya pun ada bermacam-macam antara lain ada batik tulis, batik pring sedapur, dll. Dan untuk itu Batik Sidomukti banyak menyediakan berbagai macam jenis batik, model serta motif.

Rombongan Ibu-ibu dari Korem 081/Dsj Madiun tersebut juga didampingi Pasiminlog Kodim 0804/Magetan Kapten Inf Murwadi dan Danramil 02 Plaosan 0804/Magetan Kapten Inf Sapuan Kec Plaosan Kab Magetan yang diterima dengan ramah oleh pemilik Batik Sidomukti hingga acara selesai dan selanjutnya Ibu Danrem beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju Korem 081/Dsj Madiun ( M Tasir dim 0804/Mgt).

Tinggalkan Balasan