Tes kesamaptaan jasmani dan renang militer merupakan syarat mutlak bagi prajurit sebagai persyaratan untuk Usul Kenaikan Pangkat (UKP) di jajaran Angkatan Darat termasuk untuk prajurit Kodim 0804 yang akan UKP baik Perwira, Bintara maupun Tamtama.

Demi membina fisik dan jasmani personil bintara dan tamtama Kodim 0804/Magetan, melaksanakan kegiatan penyegaran jasmani (Garjas) Samapta para bintara dan tamtama, Senin (23/10/2017), di Lapangan Secata Rindam V/Brw jl gubernur suryo no 01 Magetan.Kegiatan Samapta yang diikuti 265Ba dan Ta  ini bertujuan untuk membiasakan para personil Kodim 0804 agar selalu menjaga/membina fisik dan jasmani agar tetap dalam keadaan sehat dan kuat.

Adadpun tim jasmani penyelanggaraan kegiatan itu dipimpin Staf Pers Dim 0804/Magetan yakni Kapten caj Jemani didampingi dr.Riski selaku tim kesehatan Poskes Magetan.

Adapun Hadir dalam kegiatan ini Kasdim 0804/Mgt. Mayor Inf Sunarto. Pasipers Kodim 0804 Magetan Kapten CAJ Jemani.  Kajasrem 081/DSJ di wakili Pelda Sukoco. Kaposkes Magetan Serma Trihariadi dgn 5 anggota.Dr.Poskes Magetan Dr. Riski.
Anggota Jasrem 081/DSJ Madiun 5 orang.

Adapun peserta Garjas Samapta yang mengikuti kegiatan itu seluruh anggota Ba dan ta Kodim 0804 Magetan. Kegiatan Garjas Samapta ini dimulai dari pemeriksaan tensi oleh tim kesehatan dan dilanjutkan dengan senam pemanasan yang dipimpin oleh Serma Heri -mare selaku Batih Ops Kodim 0804/Magetan.

Selanjutnya, Pasipers Kodim 0804/Magetan mengumpulkan seluruh peserta garjas untuk memberi penjelasan agar para peserta tetap menjaga faktor keamanan serta menyadari kemampuan fisik masing-masing dan berharap kiranya peserta tidak memaksakan diri bila memang tidak mampu melakukannya.

“Sebelum kita memulai kegiatan mari jaga faktor keamanan, dan harus paham dengan kemampuan fisik kita masing-masing. Jangan memaksakan diri bila tidak mampu lagi,” sebut Paipers.

Setelah mendengar arahan Pasipers, peserta Garjas berkumpul pada titik start/finish dan memulai kegiatan samapta A dengan melaksanakan lari santai sepanjang 3200 meter atau melakukan 5 kali putaran lapangan Secata Rindam V/Brw.

Selanjutnya para peserta melanjutkan kegiatan Samapta B dengan melakukan pull up, side up dan push up serta shutterland.

Menurut Pasipes Dim 0804, kegiatan garjas itu bertujuan untuk mempersiapkan fisik para anggota ke depannya, baik samapta periodik ataupun yang mau melaksanakan UKP.

Peserta juga melakukan renang dasar di kolam Renang Banyu Biru yang berada di Desa Sukomoro Kec Sukomoro Magetan.

“Gunakan waktu untuk membina fisik kita. Jangan sampai terlena, dan kita harus tetap menjaga pola makan sehingga kita bisa terhindar dari segala penyakit,” tegas Pasipers. (tsr 0804)

 

Tinggalkan Balasan