Magetan. Dalam membentuk kepengurusan OSIS tahun ajaran 2017/2018 SMP Negeri 1 Maospati Kec. Maospati Kab. Magetan pada hari Sabtu 11 November  2017 mengadakan kegiatan  LDKS ( Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa)  yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Maospati, dalam  acara LDKS tersebut diikuti oleh sekitar 66 orang siswa siswi dan kemudian dididik selama 2 hari mulai dari tanggal 11–12 November 2017 ,kegiatan tersebut bertempat di lingkungan Sekolah SMP Negeri  1 Maospati dengan diberi bekal secara khusus mengenai kepemimpinan dasar.

Pada kesempatan tersebut dari pihak Sekolah meminta bantuan kepada Koramil 0804/06 Maospati untuk memberikan atau mengisi materi dalam kegiatan LDKS, adapun materi yang disampaikan langsung oleh Komandan Koramil  0804/06 Kapten  Inf Priyono dalam kegiatan LDKS adalah Wasbang dan Cinta NKRI.

Pada saat memberikan materi Komandan Koramil  0804/06 Kapten Inf Priyono menjelaskan bahwa latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) ini sangat berpengaruh bagi siswa terlebih dalam jiwa kepemimpinan pribadi siswa sebelum ia benar – benar menjadi pemimpin dalam sebuah organisasi di sekolah maupun masyarakat. Latihan ini merupakan tahap yang harus diikuti siswa sebelum menjadi pengurus OSIS.

 “Adapun tujuan latihan dasar kepemimpinan ini adalah untuk membangun jiwa kepemimpinan dan semangat berorganisasi yang efektif, efisien yang membawa perubahan positif dilingkungan intra sekolah dan masing masing siswa. Apabila nanti sudah menjadi pengurus OSIS agar bisa lebih bijaksana, tegas, tertib, displin dan suara yang lantang saat memimpin kegiatan sehingga dapat menjadi panutan siswa yang lain di SMP Negeri 1 Maospati ini ” tegas Kapten Inf Priyono

Pada kesempatan lain dari Wali kelas/guru yang menjadi panitia penjaring pengurus OSIS SMP Negeri 1 Maospati tahun 2017/2018 mengatakan bahwa para peserta telah terkondisikan saat mengikuti pelatihan yang tidak ringan dan membutuhkan kesiapan fisik, mental dan spiritual yang bagus sehingga siap mengikuti pelatihan atau kegiatan berorganisasi dengan lebih baik serta para peserta pelatihan ini tidak ada paksaan sehingga murni dari diri sendiri. Selanjutnya selama mengikuti pelatihan dasar kepemimpinan ini peserta dengan semangat yang tinggi dan senang karena diajarkan kekompakan pada sebuah team work, kedisiplinan, kepercayaan, kemandirian, sikap pantang menyerah dan keberanian menghadapi situasi apapun, ilmu kepemimpinan yang belum pernah diperoleh selama ini.

Komandan Koramil 0804/06 Maospati Kapten Inf Priyono  selama kurang lebih 1 jam 30 menit memberikan materi wasbang dan NKRI para  siswa siswi sangat antusias dalam menyerap materi , dilihat dari banyaknya pertanyaan yang ditanyakan oleh siswa tentang materi wawasan kebangsaan dan  kepemimpinan yang dutujukan kepada Kapten inf Priyono,secara umum kegiatan dapat berjalan dengan tertib aman dan lancar. [R06]

Tinggalkan Balasan