Magetan. Rabu, 22 Nopember 2017. Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika 2017, Kodim 0804/ Magetan bekerja sama dengan KPH Lawu, Relawan pecinta alam dan Masyrakat Desa Ngancar mengadakan penghijauan diarea KPH Gunung Lawu Desa Ngancar Kec. Plaosan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dandim 0804 Magetan Letkol Arm Heri Bayu Widiyatmoko.  Wakapolsek Plaosan Iptu Purwanto.  Asper KPH Lawu  Bp. Kholok.   Kepala Desa Ngancar Ibu Sarni. Forkopimca Kec.Plaosan dan Relawan Pgl Cemoro Sewu.

Dalam sambutannya Dandim 0804/Magetan Letkol Arm Heri Bayu Widiyatmoko menyampaikan bahwa Penghijauan merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia. Penghijauan dalam arti luas adalah segala daya untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat berproduksi dan berfungsi secara optimal, baik sebagai pengatur tata air atau pelindung lingkungan, termasuk lingkungan di sekitar rumah kita masing-masing.

Kegiatan ini untuk menjadikan lahan hijau dilereng Gunung Lawu sehingga mampu memberikan fungsi perlindungan, estetika dan peresapan air hujan. Diharapkan dengan adanya kegiatan penghijauan ini dapat memberikan motivasi dalam membangun   kesadaran   dan  semangat masyarakat di lereng Gunung Lawu dan Masyarakat Magetan umumnya agar menumbuhkan kembali nilai-nilai kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup, serta ikut memiliki dan bertanggung jawab dalam menjaga dan memeliharanya. “terang Dandim 0804 Magetan”

Adapun jenis tanaman yang di tanam dalam penghijauan kali ini adalah pohon damar, tanaman ini dipilih selain keras juga tidak mudah terbakar. Tanaman ini banyak ditemui dilereng-lereng gunung. Asper KPH Lawu Bp. Kholok mengatakan bahwa memelihara dan melestarikan hutan adalah merupakan tanggung jawab kita bersama. Oleh karena itulah kegiatan penghijauan  yang dipelopori Kodim 0804/Magetan ini agar dimasa yang akan datang bisa digalakan lagi.

 

Tinggalkan Balasan