Parang, 18 Desember 2017 Berdasarkan SK Kwartir Nasional Nomor 101 Tahun 1984 tentang petunjuk penyelenggaraan Pramuka Garuda maka Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Kecamatan Parang melaksanakan pengukuhan kepada peserta didik pramuka yang telah menyelesaikan kecakapan tertinggi pada jenjang pendidikan atau golongan sesuai dengan tingkatan masing-masing yaitu golongan pramuka siaga, pramuka penggalang dan pramuka penegak. Acara pengukuhan dilaksanakan di Aula UPTD Parang.

Dalam acara pengukuhan tersebut tampak hadir Camat Parang Umar Said SH.MM Danramil 0804/04 Parang Kapten Inf Sugeng Haryono, Kapolsek Parang yang diwakili Wakapolsek parang Aiptu Joko, Ketua Kwarcab magetan Ibu Nanik Endang Sumantri Spd MPd, Ketua gerakan pramuka Kwaran Parang Drs. Nanang Spd MM, Seluruh Kepala Sekolah SLTA/Sederajat se Kecamatan Parang, Seluruh kepala sekolah SLTP/Sederajat se Kecamatan Parang Seluruh kepala sekolah SD/sederajat se Kecamatan Parang, Para wali murid dan peserta calon anggota pramuka garuda yang akan dikukuhkan dan dilantik untuk golongan pramuka siaga, pramuka penggalang, pramuka penegak serta undangan semua berjumlah kurang lebih 400 orang.

Adapun Kegiatan dimulai dengan acara sungkeman dan membasuh kaki orang tua masing-masing yang dilakukan oleh seluruh peserta calon pramuka garuda yang akan dikukuhkan dan dilantik. Acara dilanjutkan dengan pelantikan peserta calon anggota pramuka garuda oleh Ketua Pembina Bu Nanik Endang Sumantri Spd MPd.

Dalam Sambutannya Ketua Kwarcab magetan Ibu Nanik Endang Sumantri Spd MPd menyampaikan tentang pentingnya menjaga generasi muda dari pengaruh NAFZA. Karena hal ini dapat merusak moral dan peradaban bangsa. Pengukuhan pramuka garuda ini, selain dihadiri oleh pimpinan teras Kwartir Cabang Kabupaten Magetan  juga dihadiri oleh para orang tua pramuka yang akan dikukuhkan. Hal ini karena pramuka yang akan dilantik menjadi penggalang garuda harus didampingi oleh orang tua / walinya. Selain itu dihadiri juga oleh Ketua Mabigus dan para Pembina di Pangkalan Sekolahnya masing-masing.

Dengan adanya pengukuhan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi peserta didik lainnya agar dapat sampai ke tahap pramuka garuda dan tentunya harus melewati syarat-syarat yang diwajibkan. Selain itu, yang terpenting adalah setiap pramuka garuda harus dapat menjadi teladan dan menjadi inspirasi di Pangkalan atau sekolahnya masing dalam kehidupan sehari-hari. (Srm Kadirun R 04)

 

Tinggalkan Balasan