Magetan, Apel Gelar Pasukan Dan Gladi Lapang Ops Mantap Praja Semeru 2018 Polres Magetan Dalam Rangka Pengamanan Pemilihan Gubernur,Wakil Gubernur Jatim Dan Bupati,Wakil Bupati Magetan Tahun 2018. Dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, khususnya di wilayah hukum polsek rural ( pedesaan) di wilayah hukum Polres Magetan, Selasa pagi (12/12) dilaksanakan Apel Operasi Mantap Praja Semeru 2018. Apel ini dilaksanakan mewakili lima wilayah hukum Polres Magetan yang masuk wilayah Kabupaten Magetan yang akan melaksanakan pemilukada  serentak tahun 2018 mendatang. dalam kegiatan ini dipimpin oleh Kapolres Magetan AKBP Muslimin, SIK,MM yang diikuti 500 orang.

500 anggota TNI dan Polri disiapkan dalam pegamanan pemilukada di wilayah Polres Magetan. Apel dipimpin langsung Kapolres Magetan AKBP Muslimin, SIK,MM dan juga diihadiri oleh Bupati Magetan Dr.Drs.H. Sumantri,MM. Wakil Bupati Magetan H.Samsi,ST. Sekretaris Daerah Magetan Drs. Bambang Trianto, MM.  Komandan Kodim 0804 Magetan Letkol Arm Heri Bayu Widyatmoko. Komandan Secata Rindam V/BRW Letkol Inf Ato Sugiatna. Ka Intel Lanud Iswahjudi Letkol Sus Sutarno. Kapolres Magetan AKBP Muslimin, SIK. Ka Kejaksaan Negeri Magetan Siswanto, SH. Ka KPUD Kab Magetan Hendrat Subiyakto S.Ap M.Ap. Ka Panwas Kab Magetan Aziz. Jajaran Asisten I, II, III Kab. Magetan. Jajaran Staf Ahli  Kab Magetan.  Jajaran Kadis/Kabag Kab. Magetan.  Jajaran KPUD Kab Magetan.  Jajaran Panwas Kab Magetan.  Jajaran Perwira TNI/Polri. Jajaran Camat se Kab. Magetan. Jajaran Pimpinan Parpol Kab Magetan.  Ormas/LSM Kab Magetan.  Toga dan Tomas Kab Magetan.  Perwakilan tiap tiap desa Danton Linmas. dilaksanakan dalam rangka  memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Kapolres memeriksa persiapan personil yang akan terlibat pemilukada Operasi ini dilaksanakan berlandaskan prinsip keterpaduan antar fungsi opsnal dengan mengedepankan fungsi pencegahan, intelejen dan penegakan hukum yang didukung oleh fungsi terkait dan mitra kamtibmas lainnya. Selain itu juga mencakup pelaksanaan masa kampanye, masa tenang, pemungutan dan penghitungan suara.

Perwakilan Penyematan Pita tanda Peserta Ops Mantap Praja dari Perwakilan Polres Magetan,PM AU,Satpol PP dan Dishub oleh Pimpinan Apel. Kapolres Magetan AKBP Muslimin SIK  dalam amanatnya menyampaikan Apel Gelar Pasukan ini dalam rangka pengecekan kesiapan personil dan sarana prasarana dalam pelaksanaan Pilkada serentak th. 2018. Pilkada merupakan wujud keikutsertaan masyarakat dalam berdemokrasi, Mengingat pentingnya pelaksanaan Pilkada ini, Polri sebagai penanggung jawab pengamanan bertekad untuk mengawal dan mengamankan jalanya pesta demokrasi, mulai dari pemilihan sampai nanti pelantikan dan pasca-pelantikan itulah tahapan inti yang harus diamankan. Polri mengimbau kepada Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara pesta demokrasi harus netral atas jalannya kontestasi Pilkada nanti. Untuk itu kita mengimbau kepada KPU sebagai penyelenggara betul-betul netral mampu menjalankan perannya mencanangkan dan mengeksekusi pelaksanaan pemilu sampai ke penjaringan lini terbawah. Tidak hanya KPU, Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) sebagai badan pengawas diminta untuk berperan aktif mengawasi jalannya demokrasi pada Pilkada ke depan. Diharapkan Bawaslu mampu menjadi pengawas atau wasit benar-benar netral dan dari atas sampai kebawah juga mereka bijak dan netral. Diharapkan kepada masing-masing pasangan calon kepala daerah untuk menjunjung tinggi kedewasaan dalam berdemokrasi agar menghormati siapapun pasangan calon yang terpilih. Kita minta kepada pasangan calon mereka harus bisa menunjukkan kedewasaan berdemokrasi siap menang tapi harus siap juga untuk kalah dan tidak mungkin semua menang.  Gunakan cara-cara sesuai dengan koridor hukum dan semua pihak tidak menghalalkan segala cara. Sinergisitas dengan TNI/Polri,Pemda dan segenap elemen masyarakat Perlu di jalin dan di tingkatkan utk mensukseskan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan di Provinsi Jatim dan Kabupaten Magetan.

Iklim kompetisi sehat harus kita bangun karena ini akan menjadi warisan bagi anak cucu kita dalam menjalankan praktek demokrasi. Penekanan Kapolres Magetan yaitu untuk anggota TNI/Polri harus menjaga Netralitas dalam pelaksanaan Pilkada Serentak th 2018 dan Sinergitas serta Aparat keamanan dan semua unsur elemen masyarakat.

Pelaksanan gladi lapangan dan simulasi Sispamkota dan pengamanan semua tahapan Pilkada, yang kkuti Gelar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Prajuti Gelar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Prajdisaksikan langsung oleh seluruh undangan dan peserta Apel Gelar Pasukan. rangkaian kegiatan Apel Gelar Pasukan dan Gadi Lapang Ops Mantap Praja Semeru 2018 dalam rangka Pengamanan Pemilihan Gubernur,Wakil Gubernur Jatim dan Bupati,Wakil Bupati Magetan th 2018

Kapolres memeriksa persiapan personil yang akan terlibat pemilukada. Beberapa sasaran yang menjadi lokasi/ tempat pengamanan antara lain rumah para pasangan calon dan anggota KPUD. Lokasi dan route pelaksanaan kampanye, tempat yang digunakan sebagai tempat penyimpanan logistik pemilukada, TPS dan tempat rekap penghitungan suara. Sementara itu disinggung soal apakah ada daerah khusus yang menjadi perhatian sebelum dilaksanakannya pemilukada, AKBP Muslimin, SIK,MM menyatakan saat ini di semua wilayah belum ada yang menjadi perhatian khusus. “Kirka intelejen, sejauh ini belum ada yang menjadi perhatian secara khusus. Potensi selalu ada, karena ini adalah pesta demokrasi,” pungkasnya (tsr 0804)

Tinggalkan Balasan