Magetan. Selasa, 19 Desember 2017 Bertempat di Pendopo Surya Graha Kab Magetan dilaksanakan kegiatan Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Kepala Desa Terpilih th 2017 Kab. Magetan. Kegiatan ini dipimpin langsung Bupati Magetan Dr.Drs.H.Sumantri,MM.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Magetan Dr.Drs.H. Sumantri, MM. Wakil Bupati Magetan H.Samsi,ST. Ketua DPRD Magetan Joko Suyono, S, Sos. Komandan Kodim 0804/Magetan diwakili oleh Pasi Ter Kodim 0804/Magetan Kapten Inf Misran. Kapolres Magetan AKBP Muslimin, SIK. Jajaran Asisten I,II,III dan Staf Ahli Kab Magetan. Jajaran Kadis terkait. Jajaran Camat Se – Kab Magetan. Jajaran Perwakilan TNI/Polri. Kades yang akan di Lantik sebanyak 23 orang. Jajaran PJ dan Panitia Pelaksanaan Pemilihan Kades serentak masing masing desa dan Para anggota Keluarga dari Kades terpilih.

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Kab Magetan No Skep Bupati Magetan 188/297-319/KEPT/403.013/2017, adapun nama Kades yang dilantik 23 Desa antara lain :

  1. Bpk Suratmin Kades Geplak Kec Karas.
  2. Bpk Sudaryanto Kades Gondang Kec Karangrejo.
  3. Bpk Jerman Abdul Aziz Basri Kades Balok Kec Karangrejo.
  4. Bpk Imong Astaraharjo Kades Prampelan Kec Karangrejo.
  5. Bpk Dimas Galing Sasongko ST Kades Kauman Kec Karangrejo.
  6. Bpk Eko Suprayitno Kades Jajar Kec Kartoharjo.
  7. Bpk Rajab Kades Porwosari Kec Magetan.
  8. Bpk Puji Lestari Anto Kades Ngumpul Kec Barat.
  9. Bpk Sukardi Kades Malang Kec Maospati.
  10. Bpk Supangat Kades Kalangketi Kec Sukomoro.
  11. Bpk Daryanto Kades Bandar Kec Sukomoro.
  12. Bpk Dedy Firmansyah Kades Bulu Kec Sukomoro.
  13. Bpk Mulyono Kades Buluharjo Kec Plaosan.
  14. Bpk Agung Susilo SPd Kades Sidokerto Kec Sidorejo.
  15. Bpk Pulung Larson Fitroh Sahara Kades Sidorejo Kec Sidorejo.
  16. Bpk Suwardi Kades Kalang Kec Sidorejo.
  17. Bpk Yuly Bagus Trisnawan, S,Sy Kades Ringginagung Kec Magetan.
  18. Bpk Jumadi Kades Selorejo Kec Kawedanan.
  19. Bpk Heri Suwarno Kades Kenongomulyo Kec Nguntoronadi.
  20. Bpk Hari Agung Cahyono Kades Purworejo Kec Nguntoronadi.
  21. Bpk Rusdin, BA Kades Mojopurno Kec Ngariboyo.
  22. Bpk Jumiran Kades Banjarejo Kec Ngariboyo.
  23. Bpk Yani Maryadi Kades Kembanga Kec Sukomoro.

Bupati Magetan Dr.DrsH.Sumantri,MM dalam sambutannya menyampaikan mengucapkan selamat kades atas terpilihnya saudara semua untuk menjabat menjadi Kades yang dipilih oleh masyarakat laksanakan yang telah diamanatkan oleh masyarakat dengan sebaik baiknya. Kepala Desa mengemban amanat yang tidak ringan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan desa. Kepala Desa harus mampu menjawab tantangan pembangunan yang semakin kompleks serta mampu menempatkan diri di atas semua kepentingan masyarakat desa, demi membangun serta memajukan desa dan warganya. “Tegas Bupati Magetan”

Lebih lanjut disampaikan otonomi daerah telah memberikan keleluasaan bagi daerah untuk mengatur dan menyelenggarakan urusan rumah tangga daerah berdasarkan atas prakarsa serta kemampuan daerah. Disamping itu Pemerintah Daerah juga berkewajiban untuk mendorong terselenggaranya otonomi desa bagi desa-desa yang berada diwilayahnya, sehingga penyelenggaraan pemerintahan desa dapat mencapai tujuannya yakni peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan bagi masyarakat desa.Dalam menyelenggarakan otonomi desa, sebagai wujud upaya mengatur dan mengurus rumah tangga desa, maka desa memiliki kewenangan yang telah ada sebagai hak asal usul desa disamping kewenangan lainnya berdasarkan peraturan perundang-undangan. Kewenangan yang merupakan hak asal usul desa tersebut meliputi menetapkan Peraturan Desa, menyelenggarakan Pemerintahan Desa, memiliki pimpinan Pemerintah Desa, memiliki kekayaaan Desa, menggali dan menetapkan sumber-sumber Pendapatan Desa, memberdayakan masyarakat Desa untuk bergotong royong dan berpartisipasi dalam pemerintahan dan pembangunan dan mendamaikan perselisihan yang terjadi antar warga Desa. Dalam rangka menyelenggarakan kewenangan desa dimaksud maka dibutuhkan kepemimpinan Kepala Desa yang mumpuni, yang memahami kebutuhan desa serta masyarakatnya. “Terang Bupati Magetan”

Dengan dilantiknya kades terpilih Kab Magetan yang dilaksanakan secara serentak diikuti 23 Kades agar segera menyesuaikan dan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sehingga penyelenggaraan pemerintahan desa dapat mencapai tujuannya yakni peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan bagi masyarakat desa.

Tinggalkan Balasan