Panekan – Upacara bendera setiap hari Senin merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh seluruh sekolah, baik sekolah negeri maupun swasta. Kewajiban ini berdasarkan Permendikbud RI Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP). Tak ketinggalan juga di SMK Muhamadiyah Panekan, pada upacara kali ini lain dari pada yang lain karena SMK Muhamadiyah Panekan kedatangan tamu istimewa yaitu Danramil 0804/03 Panekan Lettu Cba Ahmad Mubangkit beserta jajaranya. Senin/22/01/2018

Pada kesempatan itu Danramil 0804/03 Panekan Lettu Cba Ahmad Mubangkit bertidak langsung sebagai irup dalam upacara, tampak hadir dalam upacara tersebut Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Panekan bpk Suwito,  Spd.  dan kepala sekolah SMP Muhammadiyah Panekan bpk Supardi, Spd serta di ikuti oleh seluruh guru serta siswa – siswi SMK / SMP muhammadiyah Panekan 80 orang.

Upacara Bendera hari Senin mempunyai manfaat yang sangat baik bagi upaya penumbuhan budi pekerti dan karakter bangsa, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan. Nilai-nilai tersebut terkandung di dalam setiap urutan kegiatan/tata upacara bendera. Nilai-nilai tersebut diantaranya adalah nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerja sama dan kekompakan, kekuatan fisik dan mental, patriotisme (kepahlawanan), dan lain sebagainya. “ tegas Danramil 0804/03 Panekan Lettu Cba Ahmad Mubangkit dalam amanatnya “

Lebih lanjut disampaikan bahwa upacara bendera ini sebagai  upaya  tindakan  kegiatan serta gerakan yang ditata dengan tertib dan disiplin serta mempunyai  makna tetap memelihara nilai nilai nasionalisme dan patriotisme bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang sudah berkorban untuk bangsa dan negara Indonesia. Kita sadari kondisi dan situasi yang berkembang saat ini baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat  makin melemahnya penghormatan terhadap lambang  negara untuk itu saya menghimbau kepada peserta upacara sekalian untuk mengembalikan rasa nasionalisme, patriotisme dan karakter bangsa yang lebih baik dengan cara :

  1. Menanamkan kecintaan dan kebanggaan sebagai warga negara Indonrsia.
  2. Menghilangkan budaya tawuran di kalangan remaja yang dapat memecah belah persatuan.
  3. Membangun budaya sekolah dalam keteladanan tutur kata yang baik , sopan santun dan cerdas.

Pada kesempatan tersebut Danramil 0804/03 Panekan mengajak kepada siswa siswi SMK dan SMP Muhammadiyah panekan tingkatkan belajar dengan giat,  hormati terhadap orang tua dan guru kalian serta ikuti aturan tata tertib di sekolah dan di lingkungan masyarakat mudah – mudahan amanat ini dapat menambah pengetahuan semoga dapat di laksanakan dengan baik. “ tegasnya ”

Kepala sekolah SMK Muhammadiyah bpk Suwito Spd pada kesempatan itu mungucapkan terima kasih kepada Koramil 0804/03 Panekan yang sudah memberikan petuah dan pesan-pesan berharga bagi kami dan peserta didik kami,  semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat khususnya para siswa untuk memacu lebih giat belajar lagi. (R.03)

 

Tinggalkan Balasan