Kartoharjo – Danramil 0804/08 Barat Kapten Inf Suparlan  menghadiri Sosialisasi Kartu Tani dan KUR Tani kabupaten Magetan  di Pendopo Kec.Kartoharjo. Dalam kegiatan tersebut danramil Barat kapten Inf Suparlan mendampingi petugas pertanian dan petugas Bank BNI membagikan kartu tani. Hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimca Kartoharjo, kepala desa Se kecamatan Kartoharjo dan Gapoktan yang ada di Kec. Kartoharjo. Kamis(25/01/2018)

erlihat warga sangat antusias mengikuti sosialisasi tersebut dan warga juga menanyakan ke petugas pertanian terkait fungsi dan kegunaan kartu tani tersebut. Kartu Tani itu sendiri berupa kartu debit, yang dikeluarkan oleh Bank Nasional Indonesia. Kartu ini untuk membeli pupuk bersubsidi, serta berfungsi sebagai tabungan para petani. Selain itu melalui Kartu Tani sekaligus untuk mendata berapa jumlah petani dan mengumpulkan data agar persebaran pupuk bisa tepat sasaran.

Dengan adanya Kartu  tani ini sangat bermanfaat sekali karena semua petani yang tergabung dalam gapoktan bisa mendapatkan kartu tani berdasarkan luas lahan yang dimiliki petani tersebut. Selain itu banyak manfaat  tambahan dengan kartu tani ini mampu menampung subsidi pupuk atau benih dari pemerintah serta pembayaran hasil penjualan produk pertanian. BNI Kartu Tani ini juga dapat digunakan petani sebagai sarana simpan pinjam, serta melakukan transaksi finansial. Kartu Tani ini juga akan berisi informasi terkait produksi serta perkiraan waktu panen yang lebih akurat. Sehingga, akan memudahkan petugas dilapangan dalam mengumpulkan data dan pengabilan kebijakan pertanian yang lebih efektif.

Tinggalkan Balasan