BENDO, Dalam rangka mewujudkan pengolahan dana desa yang transparan, akuntable, partisipatif, tertib dan disiplin sesuai dengan Permendagri nomor 113 tahun 2014 dan berdasarkan ketentuan undang-undang no 6 tahun 2014 tentang desa beserta peraturan pelaksanaannya maka pemerintah desa wajib menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPdes) yang merupakan penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM desa)  sebagai satu-satunya dokumen perencanaan didesa. setelah RKPDes sudah disepakati untuk penganggarannya perlu adanya pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Untuk itu Desa kledokan mengadakan musdes pengesahan APBDes tahun 2018 yang dilaksanakan di Balai Desa Kledokan mulai pukul 08.30 wib sampai dengan 10.10 wib. (Sabtu, 13/01/18)

Musyawarah desa tersebut dihadiri oleh Forkopimca Bendo diantaranya Camat Bendo Drs. Kun Ihwan AP. MSi, Danramil 0804/13 Bendo Kapten Inf Efendi Santoso, Kapolsek Bendo AKP Iin Pelangi S.Sos, Kepala desa kledokan Gito SH. dan perangkatnya, Babinsa desa kledokan Serda Abd Syukur,Babinkamtibmas Brigadir Anjang.  Ketua BPD dan Anggota, Ketua LPM dan Anggota, Ketua Rt/Rw dan tokoh masyarakat serta undangan sekitar 65 orang.

Adapun kegiatan musyawarah desa dimulai dengan pembukaan oleh protokol dan dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh undangan yang hadir. Dilanjutnya pembacaan program-program yang akan disahkan dan disampaikan oleh Sekertaris Desa.

Untuk pendapatan desa sebesar Rp. 1.292.934.300,00  Dan untuk Belanja Bidang Pembangunan sebesar Rp. 532.792.700,00 anggaran berasal dari DD. Untuk Bidang Penyelenggaraan pemerintah desa sebesar Rp. 549.667.650,00  anggaran berasal dari ADD. Untuk Bidang Pembinaan Kemasyarakatan sebesar Rp. 83.110.200,00  anggaran berasal dari PAD dan ADD. Untuk Bidang Pemberdayaan Masyarakat sebesar Rp. 127.215.300,00 anggaran berasal dari DD. Jadi total Belanja seluruhnya adalah Rp. 1.292.934.300,00 dan sudah sesuai dengan pendapatan desa.

Camat Bendo dalam sambutannya menyampaikan bahwa anggaran dan pendapatan belanja desa (APBDes)  tahun 2018 desa kledokan hari ini telah disahkan. Mudah-mudahan dalam pelaksanaan penggunaan dana desa nanti diharapkan betul-betul bisa dipertanggungjawabkan baik secara fisik maupun secara administrasi. Sehingga dengan dana desa yang sudah digelontorkan begitu banyak diharapkan mampu mengangkat perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa kledokan.

“Masing-masing punya tugas dan tanggungjawab untuk Kepala desa merupakan Pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan desa (PKPKD) sedangkan Sekdes selaku Koordinator Pelaksana tehnis pengelola keuangan desa (PTPKD) dan Kepala Seksi sebagai pelaksana kegiatan sesuai dengan bidangnya maka menghimbau pada pelaksanaan nanti supaya menghidari manipulasi, rekayasa dan riba atau penggandaan uang. Penggandaan uang itu bisa saja uang yang sudah cair namun di kembangkan dengan usaha lain. Kemudian transparansi dan akuntable dalam pengolahan dana. Sehingga kita lebih tenang dan tidak dikejar-kejar masalah di kemudian hari”  itulah pesan yang disampaikan Danramil 0804/13 Bendo dalam sambutannya. (R-13)

Tinggalkan Balasan