BARAT – Sebanyak 330 orang anggota satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) Kec. Barat mengikuti gelar pasukan Satlinmas dalam rangka pengendalian keamanan lingkungan serta perbantuan pengamanan Pilkada Th. 2018. Apel digelar di Lapangan Kel. Mangge, dengan Pembina apel Camat Kec. Barat Bpk. Yok Sujarwadi. Senin (26/2/2018)

Dalam sambutannya, Camat Barat mengatakan, pelaksanaan apel gelar pasukan Satlinmas bertujuan untuk memastikan kesiapan aparatur sipil dalam menyukseskan pesta Pilkada yang akan digelar beberapa bulan ke depan. Untuk menciptakan iklim perpolitikan yang kondusif tidak hanya ditopang dengan keberadaan aparat penegak hukum, namun juga didukung penuh oleh segenap elemen masyarakat sipil. Kehadiran Satlinmas merupakan keterwakilan unsur masyarakat dalam penanganan ketentraman, ketertiban, dan keamanan penyelenggaraan Pilkada serentak. Satlinmas akan melakukan pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), menjaga kotak suara, mengirimkan ke tingkat desa/kelurahan, hingga tingkat kecamatan’ jelas Camat.

Dikatakan Camat Barat, Satlinmas juga berperan dalam penanggulangan bencana, pengamanan Pilkada, antisipasi terorisme, pemeliharaan keamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat serta terlibat dalam kegiatan sosial masyarakat lainnya.

Anggota Satlinmas Kec. Barat yang telah direkrut sebanyak 292 orang, terdiri dari 14 desa/ kelurahan. Pembentukan serta pembinaannya menjadi tanggung jawab Kepala Trantib Kec. Barat. Dalam kesempatan ini, Camat mengajak segenap peserta apel untuk bersama-sama menjalin kerja sama yang sinergis dan intensif.

Hadir pula pada kesempatan Apel ini Komandan Koramil 0804/08 Barat, beliau menyampaikan bahwa pada Pilkada ini TNI dan Polri netral maka dari itu di himbau kepada Linmas untuk selalu menjaga keamanan, ketentraman dan ketertiban selama pelaksanaan Pilkada ke depan. Selalu adakan kordinasi antar Babinsa dan Babinkamtibmas dalam menanggulangi setiap ancaman dan gangguan.  ‘’Dengan demikian Insya Allah Pilkada Th. 2018 di wilayah Kec. Barat dan Kab. Magetan dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar,’’ ujar Komandan Koramil 0804/08 Barat.

Tinggalkan Balasan