Barat – Koramil 0804/08 Barat berkolaborasi dengan polsek Barat Tanamkan nilai-nilai Pancasila kepada siswa-siswi Madrasah Ibtida’iyah Darul ulum Rejomulyo. Kegiatan tersebut dilaksanakan disela-sela kegiatan Pramuka di Madrasah Ibtida’iyah Darul Ulum hari Minggu (4/2/2018). Bati Komsos Koramil 0804/08 Barat Serma Suroto beserta anggota Koramil 08 Barat dan Babinkamtibmas menyempatkan diri untuk ikut hadir dan di berikan kesempatan oleh pihak Madrasah untuk memperkenalkan Simokos serta memberikan wawasan kebangsaan tentang Pancasila.

Dalam kesempatan tersebut Bati Komsos Koramil 0804/08 Barat Serma Suroto menyampaikan pengertian Pancasila serta fungsi dari Pancasila, sebagaimana yang kita tahu bahwa Pancasila merupakan Dasar Negara Indonesia dan sudah sepatutnya kita sebagai warga negara apalagi pemuda penerus cita – cita bangsa sangat perlu untuk mempelajari lebih dalam lagi dasar negara kita, pengertian serta fungsi Pancasila.

Pancasila di lambangkan oleh Garuda dan di dalam lambang Garuda terdapat gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, padi dan kapas yang mencerminkan dari 5 sila Pancasila.    Pancasila berasal dari bahasa Sangsekerta, yaitu Panca yang berarti “lima” dan Sila yang berarti “dasar” secara harfiah Pancasila bisa di artikan sebagai Lima Dasar sedangkan secara umum Pancasila merupakan lima dasar yang mengandung pedoman atau aturan mengenai tingkah laku, adat istiadat dan tatanan pemerintahan yang mengikat bangsa Indonesia dalam kebhineka tunggal ekaan dalam naungangan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “tegasnya”

Lebih lanjut disampaikan bahwa Pancasila mempunyai fungsi yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Beberapa diantaranya fungsi dari Pancasila yaitu Pancasila sebagai kepribadian Bangsa Indonesia. Pancasila sebagai hal yang memberi corak khas bagi Bangsa dan menjadi pembeda Bangsa Indonesia dengan bangsa lain. Pancasila juga sebagai sumber dari segala sumber hukum yaitu mengatur semua hukum yang berlaku di Negara Indonesia.

Setelah kegiatan wasbang selesai kemudian siswa – siswi di berikan kesempatan untuk membaca buku yang telah di sediakan oleh Simokos, agar dapat menambah ilmu pengetahuan serta memberikan motivasi untuk meningkatkan belajar dan budaya gemar membaca.

Kepala Madrasah Ibtida’iyah Darul Ulum Rejomulyo sangat mengapresiasi inovasi Simokos yang dilaksanakan oleh bapak TNI. Karena kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Bapak TNI untuk ikut andil dalam memajukan dunia pendidikan dengan menanamkan karakter dan semangat kebangsaan sehingga nantinya siswa-siswi akan terdorong untuk lebih semangat lagi dalam belajar. Harapan kami kedepan bisa bekerjasama dengan Koramil 0804/08 Barat dalam mendidik dan mengasah wawasan kebangsaan generasi muda kita. “pungkasnya”

Kegiatan tersebut selain dihadiri oleh Anggota Koramil 0804/08 Barat juga diikuti oleh anggota Babinkamtibmas Rejomulyo, Kepala Sekolah, Guru dan Siswa-siswi Madrasah Ibtida’iyah Darul Ulum kurang lebih 75 orang.

 

Tinggalkan Balasan