Sukomoro – Anggota TNI yang bertugas di Kodim 0804/Magetan khususnya dikoramil 0804/09 Sukomoro terus mensosialisasikan Simokos dan mengajarkan Wawasan Kebangsaan kepada siswa di berbagai lembaga pendidikan, setelah sebelumnya digelar di salah satu Sekolah Dasar, kali ini simokos digelar di MIN desa Kedungguwo, kec. Sukomoro,  Kab.Magetan dari Koramil 0804/09 Sukomoro yang diwakili Pelda Heri Mulyanto memberikan sosialisasi Simokos sebagai sarana untuk interaksi TNl dengan warga masyarakat khususnya tingkat siswa SD serta pembekalan Wawasan Kebangsaan kepada siswa-siswi MlN desa Kedungguwo, Kec. Sukomoro, Kamis (08/02/18) Adapun yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini terdiri dari anggota Koramil 13 orang, Polsek diwakili 1org Bhabinkamtibmas, bpk/ibu guru MlN 22 org serta murid sejmlh 240 orang.

Dengan rasa santun logat Jawa yang khas dalam mengajar, Pelda Heri Mulyanto memberikan arahan dan motivasi dengan bahasa yang sederhana kepada anak-anak untuk lebih giat belajar agar dapat meraih cita cita yang di inginkan, yang artinya dapat membanggakan kedua orang tua dan berguna bagi Nusa dan Bangsa. Para murid MlN Kedungguwo terlihat antusias mendengarkan dan mengikuti sosialisasi dan wasbang tentang nasionalisme, patriotisme dan sejarah dan pahlawan nasional bangsa lndonesia yang disampaikan Batikomsos Pelda Heri Mulyanto.

Menurut Batikomsos Pelda Heri Mulyanto, pemberian materi disesuaikan dengan kemampuan daya pikir anak setingkat SD/MlN yaitu dengan pola mengajak kembali untuk menginggat nama-nama para pahlawan nasional serta perjuangannya, menyanyikan lagu-lagu nasional, penanaman nilai-nilai saling menghormati, kesetiakawanan, sopan santun dan kegiatan belajar sebagai bagian dari perjuangannya adik-adik siswa-siswi sekolah dasar.

“Materi ini sangat penting, mengingat sekarang masalah Wawasan Kebangsaan sudah mulai luntur di kalangan anak muda, untuk itu perlu diajarkan sejak dini, yaitu mulai dari anak Sekolah Dasar” katanya. Kegiatan sosialisaai Simokos ditujukan untuk mendorong dan memotivasi kepada pelajar untuk kegiatan membaca, agar menjadi generasi berwawasan kebangsaan,” terangnya. Sementara itu Kepala Sekolah MIN Kedungguwo Mursinah S.Pdi  mengapresiasi kegiatan Simokos ini. Hal ini merupakan metode belajar yang baik, menyenangkan, sehingga menjadi semangat baru bagi anak didik.“ Diharapkan program ini dapat diadakan kembali karena kegiatan ini adalah cara yang menyenangkan dan bervariasi,” tandasnya

Harapannya melalui pembekalan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara dengan sarana Simokos, dalam diri para siswa akan semakin tumbuh rasa cinta tanah air dan memiliki jiwa patriotisme yang tinggi. “Saya sangat berharap agar para siswa tumbuh rasa Nasionalisme yang tinggi, rela berkorban demi Bangsa dan Negara,” sambungnya.

Kepala Sekolah MlN Kedungguwo Mursinah S.Pdi menyatakan, materi yang diberikan Batikomsos dengan sarana Simokos ini sangat positif guna memotivasi anak-anak agar timbul kesadaran dalam berbangsa dan bernegara. “Ini menjadi motivasi dan pembelajaran buat siswa, apalagi materi disampaikan langsung oleh Batikomsos dengan sarana simokos, anak-anak menjadi lebih bangga dan saya berharap kegiatan seperti ini berlanjut,” tandasnya.

“Sebagai masukan, saran utk kedepan semoga kegiatan seperti ini dapat berlanjut dengan sarana dan buku-buku yang berkaitan dengan pendidikan moral pancasila, sejarah perjuangan bangsa serta buku yang berkaitan dengan dunia militer”tambahnya.

Tinggalkan Balasan