BENDO, Dalam rangka menanamkan wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara kepada generasi muda dan pelajar khususnya remaja serta anak-anak, Anggota Koramil 0804/13 bendo dengan dibekali Sarana interaksi motor komunikasi sosial (Si-Mokos) mengajak para pelajar yang ada di SDN Bendo 2 untuk memahami serta mengerti pentingnya nilai-nilai wawasan kebangsaan sehingga diharapkan generasi muda lebih cinta kepada tanah air serta bangga menjadi warga Negara Indonesia. Untuk mencegah pengaruh-pengaruh negatif agar anak-anak tidak terjerumus pada kenakalan remaja. Sekolah Dasar (SD) merupakan jenjang pendidikan dasar yang memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa ini. (Selasa, 27/02/18)

Dalam kegiatan wasbang tersebut dihadiri oleh Bati Komsos Koramil 0804/13 Bendo Serma Budianto dan 9  anggota sebagai instruktur kegiatan serta diikuti oleh seluruh pelajar dari SDN Bendo 2 yang berjumlah 103 anak,serta guru dan kepala sekolah yang berjumlah 13 orang. Mereka seluruhnya mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias sekali ini terlihat dari semangat anak-anak menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh pemberi materi serta semangat dalam mengikuti outbond dan para guru terus memberikan semangat pada murid-muridnya sampai dengan selesai.

Si-mokos merupakan sarana interaksi berupa kendaraan bermotor yang dilengkapi dengan speaker aktif dan televisi layar datar gunanya untuk memaparkan materi tentang wawasan kebangsaan dan memutar film-film tentang perjuangan serta foto-foto para pahlawan sehingga para pelajar selain mendengarkan penjelasan dari narasumber lewat speakeraktif juga dapat langsung melihat kelayarkaca sehingga diharapkan materi lebih dapat dipahami dan dimengerti. Ini merupakan kelebihan yang dimiliki Si-Mokos karena bisa dilaksanakan dilapangan (outdoor) tidak seperti menggunakan barco yang harus diruang tertutup.

Selain itu juga Si-moskos dilengkapi dengan perpustakaan dengan berbagai macam judul buku, jadi para pelajar yang hobi membaca bisa disalurkan lewat Si-mokos ini. Agar tidak jenuh para anak-anak diadakan kegiatan permainan outbond dimana kegiatan ini selain untuk hiburan setelah menerima materi-materi tentang wasbang,  kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan jiwa korsa dan kekompakan antar regu sehingga secara tidak langsung menumbuhkan rasa tanggungjawab serta rasa persatuan dan kesatuan.

“Pembekalan Wasbang kepada anak-anak SD materinya tentunya disesuaikan dengan kemampuan daya pikir anak setingkat SD yaitu dengan pola mengajak kembali untuk menginggat nama-nama para pahlawan nasional serta lagu-lagu kebangsaan. Penanaman nilai-nilai saling menghormati, Kesetiakawanan, sopan santun dan rajin belajar sebagai bentuk bagian dari perjuangannya. Sehingga tumbuh rasa Bela Negara, Rasa Cinta Tanah Air dan berwawasan Kebangsaan dan nantinya dapat menjadi generasi yang berkompeten dalam menjaga kedaulatan NKRI” tutur Bati Komsos Serma Budianto.

Husnudin, S.Ag. Selaku Kepala Sekolah SDN Bendo 2 menyampaikan ucapan terimakasih kepada bapak TNI khususnya Anggota Koramil 0804/13 Bendo yang sudah datang ke sekolahan kami untuk memberi ilmu dan pengetahuan tentang wawasan kebangsaan dan cinta tanah air kepada anak-anak didik kami, sehingga diharapkan para anak-anak lebih menghargai jasa-jasa para pahlawan, bisa menjaga kekompakan dan rasa persatuan terhadap teman dan terhindar dari pengaruh-pengaruh negatif yang bisa membuat kenakalan remaja. (R13)

Tinggalkan Balasan