Magetan. Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor merupakan salah satu kegiatan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar menurunkan ketergantungan terhadap kendaraan bermotor. Kegiatan ini merupakan budaya baru bagi masyarakat sebagai ajang bersosialisasi dengan teman maupun keluarga dan juga sebagai sarana kesehatan jasmani yang bebas dari polusi. Tak ketinggalan masyarakat di Kota Magetan yang tergolong kota kecil juga ikut menyemarakan kegiatan car free day ini. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Depan Pendopo Kab. Magetan Jln Basuki Rahmat Selatan dan seputaran alun-alun Magetan. Minggu/25/3/2018

Kegiatan Car Free Day selain berdampak positif bagi lingkungan ternyata mempunyai tujuan khusus untuk  memasyarakatkan olahraga, dengan memanfaatkan fasilitas yang ada masyarakat dapat berekreasi sekaligus juga berolahraga seperti senam aerobik, lari joging dan olahraga lainnya yang murah meriah.

Pada car free day kali ini terasa istimewa karena dihadiri oleh Bupati Magetan Dr. Drs. H. Sumantri, MM. Kapolres Magetan AKBP Muslimin, SIK. Wakapolres Magetan Kompol Dwi Asih Yuliati, SIK. Asisten 1 Pemerintahan Bpk Rahmad Edy. Jajaran Pemkab Magetan. Jajaran Polres Magetan. Siswa Sekolah dan Masyarakat Magetan. Selain Car free day pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan  deklarasi anti hoak dan kampanye keselamatan berlalu lintas oleh Polres Magetan.

Bupati Magetan Dr. Drs. H. Sumantri, MM. sangat mengapresiasi kegiatan ini karena selain untuk  menekan pencemaran udara dampak dari kendaraan bermotor dan menciptakan Kota Magetan yang bebas polusi udara Car Fry day juga merupakan ajang menyalurkan aspirasi untuk tegas menolak berita hoax dan mari kita sama sama mendeklarasikan memerangi berita hoax sehingga tercita magetan yang rukun dan damai. “tegasnya”

Pada kesempatan tersebut Bupati Magetan Dr. Drs. H. Sumantri, MM. memimpin langsung deklarasi  anti Hoax yang diikuti oleh masyarakat yang hadir. “Kami menyadari bahwa saat ini berita dan informasi bohong atau Hoax semakin seiring disampaikan melalui media sosial, oleh karena itu dengan kesadaran, keiklasan dan keinginan luhur kami mendeklarasikan diri menolak dan melawan segala informasi dan berita Hoax dengan menyatakan bahwa :

  1. Kami Masyarakat Magetan menolak setiap orang yang dengan sengaja menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan atas dasar suku, ras dan antar golongan (sara).
  2. Kami masyarakat Magetan akan bersatu padu, saling menghormati dan saling menguatkan untuk selalu menyuarakan kebenaran dan melawan berbagai bentuk Fitnah, kebohongan atau Hoax.
  3. Kami masyarakat Magetan mengajak seluruh elemen masyarakat tanpa membedakan gender, usia, agama, suku dan golongan untuk memanfaatkan media sosial secara positif dan Produktif, cermat serta mengedukasi masyarakat dengan menyampaikan berbagai informasi yang benar dan tidak menjadi penyebar Hoax”

Car Free Day ini nantinya akan dilaksanakan secara rutin pada minggu ke dua setiap bulanya untuk mencanangkan Germas (gerakan masyarakat hidup Sehat) dan ajang menyalurkan aspirasi khususnya di Kab Magetan.

 

Tinggalkan Balasan