Magetan. Kodim 0804/Magetan berkerjasama dengan Poskes 05.10.03 Magetan menyelenggarakan kegiatan Program Penyakit Kronis (PROLANIS) Clup Pratama Sehat dengan tema “Masyarakat Sehat Berawal Dari Kemauan Yang Kuat”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kodim 0804/Magetan Jln. Pahlawan No. 3B Magetan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dandim 0804/Magetan yang diwakili oleh Kasdim Mayor Inf Muji  Wahono dan Dokter dari Pos Kes Magetan yaitu Dr Nugroho Bayu, Drg Alfi Nurlaili, Pelda Tri Hariyadi, Serma Sutikno, PNS Kumari, PNS Endang, PNS Rohma, PNS Anis serta Peserta Prolanis dari Anggota Kodim 0804/Magetan, Anggota Secata Rindam V/BRW, Anggota Minvet Magetan dan Anggota dari Sub Denpom Magetan.

Pada kesempatan tersebut dijelaskan dampak penyakit diabetes terhadap kesehatan mulut. Dr Nugroho Bayu dari Poskes Magetan menyampaikan bahwa diabetes merupakan penyakit degeneratif yang paling sering dialami oleh kelompok dewasa. Penyakit ini disebabkan oleh berbagai hal, namun penyebab paling utama adalah pola hidup tidak sehat dan pemilihan makanan yang tidak baik. Saat seseorang telah terdiagnosis diabetes mellitus, maka orang tersebut tidak bisa sembuh dari diabetes mellitus, karena penyakit ini memang tidak bisa disembuhkan. Tetapi jangan khawatir, walaupun tidak bisa disembuhkan, diabetes masih bisa dikontrol untuk mencegah berbagai dampak atau komplikasi yang mungkin muncul di kemudian hari. “jelasnya”

Ketika kadar gula darah pada penderita diabetes tidak dapat dikontrol dengan baik, maka akan banyak risiko kesehatan yang bisa terjadi, seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, kerusakan sistem saraf – terutama pada kaki. Bahkan diabetes juga mempengaruhi kesehatan mulut. Banyak masalah terkait kesehatan mulut yang akan terjadi jika penderita diabetes tidak bisa mengontrol gula darahnya dengan baik. “imbuhnya”

Sementara itu Drg Alfi Nurlaili menjelaskan kenapa diabetes bisa menyebabkan gangguan kesehatan mulut ?…. Kadar glukosa yang terlalu tinggi di dalam darah bisa menyebabkan rasa nyeri, infeksi, dan berbagai masalah pada mulut, yaitu termasuk gangguan pada gigi, gusi, dan lidah. Sebenarnya, glukosa juga terdapat di dalam air liur, yaitu cairan yang dikeluarkan oleh kelenjar air liur untuk membantu pencernaan dan memecah makanan yang masuk ke mulut.

Ketika diabetes tidak terkontrol, tidak hanya glukosa yang ada di dalam darah saja yang meningkat, tetapi juga glukosa pada air liur. Air liur yang mengandung kadar glukosa tinggi menyebabkan bakteri mudah tumbuh di dalam mulut. Bakteri ini akan menyebabkan penumpukan plak-plak pada gigi yang kemudian membuat gusi dan daerah sekitar mulut menjadi meradang serta terinfeksi. “terangnya”

Tinggalkan Balasan