BENDO,  Koperasi Unit Desa (KUD) Sri Katon mulanya berawal dari Badan Usaha Unit Desa (BUUD) yang didirikan tanggal 27 Pebruari 1973 berdasarkan SK Gubernur Jatim No. EX/137/6.73 tanggal 10 Pebruari 1973 dan dikuatkan oleh Bupati KDH TK II Magetan No. EX/265/73 tanggal 13 Pebruari 1973 yang wilayah kerjanya meliputi 16 desa di wilayah kecamatan bendo. Berdasarkan Inpres No. 1 Tahun 1978 secara Nasional Badan Usaha Unit Desa diubah menjadi Koperasi Unit Desa (KUD).

Sesuai dengan program kerja pengurus yang tertuang didalam buku RK dan RAPB tahun 2017. Setelah melaksanakan tugas dan tanggungjawab pengurus KUD “Sri Katon” selama satu tahun kerja maka tiba saatnya dilaksanakan RAT tahun buku 2017 sekaligus memberikan laporan pertanggungjawaban pengurus dihadapan sidang para anggota KUD “Sri Katon” sesuai dengan ketentuan dan undang-undang perkoperasian RI No. 25 tahun 1992 pasal 23 ayat 3 serta akan dilaksanakan pemilihan pengurus baru. Dengan acara RAT dilaksanakan digedung pertemuan KUD “Sri Katon” Desa Belotan Kecamatan Bendo mulai pukul 08.30 wib sampai dengan 12.00 wib. (Sabtu, 10/03/18)

Dalam rapat anggota tahunan tersebut dihadiri oleh Kepala Kandep Koperasi Pk dan M Kab. Magetan Bapak W. Sudirmanto,  Ketua Dikopinda Kab. Magetan Bapak Rahman Fuji S, Forkopimca Bendo antara lain Camat Drs. Kun Ihwan H. MSi, Danramil 0804/13 Bendo Kapten Inf Efendi Santoso, Kapolsek Bendo AKP Iin Pelangi SS, Ketua KUD “Sri Katon” H. Suhardjo, Pengurus KUD, Pengawas KUD, Manager/ karyawan KUD, Perwakilan Anggota sebanyak 80 orang.

Ketua KUD “Sri Katon” H. Suhardjo menyampaikan bahwa untuk bidang usaha KUD “Sri Katon” meliputi Simpan Pinjam, Penarikan Rekening Listrik, Pembayaran Rekening Air (PDAM) dan jasa gudang. Marilah kita kembangkan usaha kita ini agar menjadi lebih maju lagi. Untuk anggota penuh 200 orang dan calon anggota 4.569 orang. Hari ini juga akan dibacakan pertanggungjawaban pengurus yang akan disampaikan sekertaris dan sekaligus hari ini juga akan dilaksanakan pembentukan pengurus baru jadi harapan kami kedepan KUD “Sri Katon” ini lebih baik lagi dan lebih makmur lagi anggotanya.

“Ada beberapa tempat KUD yang mati suri bahkan sudah mati dan tidak ada lagi aktivitas. Kita wajib bersyukur sebagai anggota KUD “Sri Katon” ini karena sampai saat ini KUD “Sri Katon” dapat berkembang dengan baik semakin tahun SHU semakin bertambah. Ini harus kita pertahankan demi kemajuan KUD untuk keuntungan dan kemakmuran anggota” pesan singkat dari bapak W. Sudirman perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM Magetan. (R13)

Tinggalkan Balasan