Danramil 0804/13 Bendo Hadiri Khitanan Massal Di Desa Pingkuk

BENDO,  Khitan merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam. Ini merupakan bagian dari syariat Islam yang harus dilaksanakan. Melakukan khitan dipandang sebagai perbuatan yang mulia, sebagai media menyucikan diri dan bukti ketaatan umat dalam menjalankan ajaran agamanya.

Khitan sebagai proses pembersihan pada alat kelamin dengan cara memotong sebagian selubung penutup penis. Sehingga sumbatan yang mungkin terjadi karena adanya kotoran pada saluran penis menjadi hilang. Secara medis khitan dapat mencegah dari resiko terjangkitnya penyakit.

Namun menjadi kendala adalah biaya khitan dengan penanganan dokter masih belum terjangkau bagi masyarakat kelas bawah. Sebagian masyarakat menganggap kewajiban mengkhitankan anak merupakan beban yang cukup berat. Atas dasar tersebut maka Pabrik Gula Rejo Agung Baru Madiun mengadakan bhakti sosial Khitanan Massal bagi anak-anak kurang mampu dalam rangka selamatan Buka Giling tahun 2018 bertempat di Balai Desa Pingkuk Kecamatan Bendo. (Sabtu, 21/04/2018)

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh General Manager PG Rejo Agung Bapak Zainal Arifin, Perwakilan Kantor RNI Surabaya Bapak Hari Darmanto,  Penceramah Bapak Suradi MSi. Forkopimca Bendo diantaranya Danramil 0804/13 Bendo Kapten Inf Efendi Santoso, Kapolsek Bendo AKP Iin Pelangi SS, Kepala Desa Azis Santoso, SS, Babinsa Pelda Budianto, Babinkamtibmas Bripka Eko Prasetyo. Ketua BPD Drs. Marji, Ketua LPM Mulyono SP, Orang tua dan peserta khitanan massal sebanyak 128 anak.

Danramil 0804/13 Bendo Kapten Inf Efendi Santoso mewakili Forkopimca Bendo menyampaikan bahwa dalam prakteknya di masyarakat, banyak orang yang menganggap khitan sebagai budaya dan gengsi, sehingga pelaksanaan khitan hanya berorientasi pada pelaksanaan acara resepsi yang meriah, sehingga banyak orang yang akan melaksanakan khitan pertimbangan utamanya bukan hukum dan status khitan dalam agama islam melainkan menitik beratkan pada pertimbangan materi untuk acara resepsi atau ceremonial sejenisnya. Sehingga bagi kalangan masyarakat ekonomi menengah kebawah merasa terbebani dengan ajaran khitan ini.

Melalui kegiatan ini diharapkan bisa berbagi peduli membantu meringankan masyarakat dalam menunaikan  kewajiban mengkhitankan anaknya, terlebih lagi jika proses khitan ini bermanfaat banyak bagi masyarkat untuk  mewujudkan generasi muda yang lebih sehat dan sholeh.kegiatan ini bertujuan untuk Menunaikan Sunah Rasul dan menumbuhkan kepedulian terhadap sesama. Dan harapan kedepan kegiatan ini bisa dilaksanakan kembali dengan jumlah peserta yang lebih banyak lagi. Imbuh Danramil 0804/13 Bendo. (R13)

Tinggalkan Balasan