Membangun Karakter Pelajar Melalui Kegiatan Pramuka

Barat. Rabu (25/04/2018) Kemah  Permata adalah salah satu event besar yang diselenggarakan oleh  Ektrakurikuler Gerakan Pramuka Gudep 14.53 – 14.54 DR. Soetomo – RA. Kartini pangkalan SMKN  Kartoharjo. Program kerja Dewan Ambalan DR. Soetomo – RA. Kartini ini, diagendakan satu tahun sekali pada akhir tahun ajaran. Dalam kemah Permata ini merupakan perwujudan dari tahapan proses ekstakurikuler Pramuka yang di lakukan oleh pelajar selama satu tahun ajaran 2017. Dengan diadakanya kemah Permata ini guna mempersiapkan para pelajar untuk kedepanya dapat menentukan arah cita – cita sebagai generasi penerus bangsa. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan di sekolah, masyarakat serta dimanapun berada.

Dalam kesempatan ini Bati Komsos Koramil 0804/08 Barat Serma Suroto  ikut serta mendampingi kegiatan kemah Permata yang dilaksanakan selama 2 hari, mulai hari Rabu – Kamis tanggal 25 – 26 April 2018. Pada acara kemah Permata ini Serma Suroto diberikan kesempatan untuk menjadi Pembina Upacara dalam upacara pembukaan Kemah Permata. Dalam sambutannya Serma Suroto menyampaikan bahwa “sebagai kader Pramuka Sejati hendaknya adik – adik semua harus berbangga, karena ekstrakurikuler Gerakan Pramuka merupakan ektrakurikuler WAJIB satu-satunya yang ada di SMKN Kartoharjo”. Selain itu banyak tokoh penting dan berpengaruh dalam kehidupan masyarakat yang kebanyakan mereka berlatar belakang dari organisasi Gerakan Pramuka.

Disamping itu juga bahwa dalam jiwa seorang pramuka harus senantiasa terpatri janji dalam wujud Tri Satya dan pedoman perilaku berupa Dasa Dharma. Dalam kesempatan ini saya berpesan kepada seluruh adik – adik peserta kemah Permata semua untuk selalu mengikuti kegiatan dengan penuh semangat, rasa tanggung jawab dan penuh dengan ikhlas, karena kegiatan ini akan memberikan dampak yang luar biasa di masa yang akan datang. Setelah upacara pembukaan,

kegiatan dilanjutkan dengan Giat Wawasan yaitu penyampaian materi PBB yang pada kesemptan ini di berikan oleh Serma Suroto dengan materi gerakan di tempat. Setelah materi selesai kemudian kegiatan selanjutnya dengan Wide Game, dengan tujuan terbentuknya kerjasama dan kekompakkan sangga serta mengamati karakter peserta. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Apel Sore serta ishoma, dalam kegiatan ishoma diselingi kegiatan sholat maghrib berjamaah dan makan malam bersama dengan tujuan meningkatkan jiwa korsa kebersamaan antar sesama anggota.

Pada malam harinya dilaksanakan Api Unggun sebagai kegiatan khas dari Gerakan Pramuka, kegiatan perkemahan terasa kurang lengkap jika tanpa kegiatan api unggun. Bapak Sunarto selaku Pembina Pramuka dalam amanat upacara api unggun menyampaikan bahwa “perlu diresapi kembali makna dari kegiatan api unggun ini, dengan adanya api unggun rasa kebersamaan, kehangatan dan keceriaan akan selalu terpancar dalam jiwa seorang pramuka”. Dalam kegiatan api unggun tersebut ditampilkan pula bakat dan kreatifitas peserta dalam acara pentas seni pramuka, beberapa sangga menampilkan kebolehanya. Kegiata selanjutnya adalah Adat Ambalan dan Renungan Malam yang dilaksanakan pada pertengahan malam.

Kegiatan pagi diawali dengan acara sholat subuh dilanjutkan dengan senam pagi, senam yang dilakukan menggunakan iringan senam pramuka dan senam pinguin. Dilanjutkan dengan persiapan sangga untuk melaksanakan outbond yaitu rayapan tali dan jembatan tali dua. Dalam kegiatan ini Serma Suroto mengambil alih lngsung kegiatan serta memberikan arahan dan tehnik dalam outbond rayapan tali maupun jembatan tali dua. Outbond ini harus di lakukan dengan penuh keberanian, semangat dan konsentrasi yang tinggi. Dengan diadakanya outbond ini akan melatih keberanian, keseimbangan, keyakinan, serta konsentra dalam melaksanakan setiap kegiatan. Kegiatan di akhiri dengan upacara penutupan dan selanjutnya kembali ke pangkalan SMKN kartoharjo dengan tertib, aman dan lancar.

Tinggalkan Balasan