Pembukaan Festival Gebyar Labuhan Sarangan Tahun 2018

Magetan, Bertempat di Wisata Telaga Sarangan, Kel. Sarangan, Kec. Plaosan,  Kab. Magetan telah dilaksanakan Kegiatan Pembukaan Festival Gebyar Labuhan Sarangan Tahun 2018. Gebyar Labuhan Sarangan merupakan salah satu tradisi rutin yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Magetan dan masyarakat sekitar Telaga Sarangan sebagai salah satu rangkaian kegiatan bersih desa. Acara ini dilakukan untuk meminta  keselamatan dan sebagai bentuk rasa syukur kepada Alloh SWT atas berkah yang diberikan. Selain itu, tradisi ini mempunyai daya tarik tersendiri baik untuk warga sekitar ataupun warga Magetan secara umum bahkan wisatawan yang berasal dari luar Kabupaten Magetan, karena tradisi ini mempunyai serangkaian acara yang menarik, yang sayang sekali kalau dilewatkan. Gebyar Labuhan Sarangan pada tahun 2018 ini akan dilaksanakan selama empat (4) hari.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Magetan Dr. Drs. H. Sumantri MM, Wakil Bupati Wonosobo Ir. Agus Subagio, M.Si. Sekretaris Daerah Kab. Magetan Dr. Drs. H. Bambang Triyanto, MM. Jajaran Staf Ahli Bupati Magetan, Jajaran Asisten 1, 2, 3 Setda Kab. Magetan, Kepala Dinas Instansi se Kab. Magetan,  Kepala Bagian se Kab. Magetan, Camat se Kab. Magetan, Forkopimca Plaosan, Toga, Tomas Kelurahan Sarangan dan masyarakat Kelurahan Sarangan dengan pengunjung sekitar 1000 orang.

Bupati Magetan Dr. Drs. H. Sumantri, MM. dalam sambutannya menyampaikan bahwa tahun 2018  merupakan tahun pertama Kabupaten Magetan menyelenggarakan Festival Gebyar Labuhan Sarangan, hal ini merupakan upaya Pemkab Magetan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk mempromosikan pariwisata dan kebudayaan serta produk-produk unggulan yang ada di Kabupaten Magetan.

Melalui festival gebyar labuhan sarangan dan pameran produk unggulan serta festival pamelo 2018 ini berbagai potensi wisata, seni budaya dan kearifan lokal yang selama ini menjadi akar tradisi bagi kehidupan yang harmonis, rukun dan damai akan terus dibina, dirawat, direvitalisasi dan ditumbuh kembangkan sehingga mampu menunjukan jati diri Kab. Magetan yang beradab ditengah dunia modern, sekaligus menjadi aset pariwisata yang menarik sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di Kab. Magetan. “tegas Bupati Magetan”

“Partisipasi aktif di masyarakat merupakan kunci dalam setiap penyelenggaraan Festival Gebyar Labuhan Sarangan, berbagai kegiatan yang sangat konstruktif dan strategis dalam mendorong kemajuan pariwisata dan upaya pembangunan budaya bangsa harus kita lakukan untuk mengangkat kearifan budaya lokal  yang pada akhirnya akan menjadi kebanggaan masyarakat Magetan”. lanjutnya

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Magetan Drs. Siran, MM, menegaskan Festival Gebyar Labuhan Sarangan Tahun 2018 merupakan program kerja Pemkab. Magetan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan Tahun 2018, dengan tujuan untuk melestarikan nilai-nilai kearifan lokal yang ada di masyarakat agar tetap lestari dan menjadi daya tarik wisata dan sebagai sarana promosi dalam rangka peningkatan jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Magetan dengan harapan Obyek Wisata Sarangan dapat dikenal di masyarakat baik secara nasional maupun internasional. Melalui Festival Gebyar Labuhan Sarangan Tahun 2018 diharapkan dapat memberikan hiburan kepada masyarakat dan wisatawan serta dapat meningkatkan jumah kunjungan yang berdampak pada meningkatnya PAD Kab. Magetan sebagai wahana penggerak ekonomi kerakyatan yang berbasis ekonomi kreatif. ”ungkapnya”