Gebyar Hardiknas Th 2018 Dan Seminar Akbar Mendikbud RI Prof DR. Muhajir Efendy, M.A.P Di Kab. Magetan

Magetan – Dandim 0804/Magetan Letkol Arm Heri Bayu Widiatmoko menghadiri Gebyar Hardiknas Kab Magetan th 2018 dan Seminar Akbar dari Mendikbud RI Prof. Dr. Muhajir Efendy, M.A.P, dalam rangka kunjungan kerjanya di Kab. Magetan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gor Ki Mageti Magetan dengan mengambil tema “Percepatan kwalitas pendidikan yang berkarakter dan berprestasi di kab Magetan”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Mendikbud RI Prof.Dr.Muhajir Efendy,M.A.P,   Bupati Magetan Dr.Drs.H. Sumantri, MM. Komandan Kodim 0804/Magetan Letkol Arm Heri Bayu Widiatmoko.  Kapolres Magetan AKBP Muslimin, SIK. LPMP Prof Jatim Bpk Bambang Agus Susetyo, MM, MPd.  Moderator Dosen Muhamadiyah dr Ponorogo Ibu Ririn Wardani, M.P.D. Sekretaris Daerah Magetan Drs. Bambang Trianto, MM. Komandan Secata Rindam V/BRW Letkol Inf Yudi Rianto Ratu. Ka Intel Lanud Iswahjudi Letkol Sus Sutarno. Ka MUI Kab Magetan KH Ahmad Sofwan. Jajaran Asisten I,II,III dan Staf Ahli Kab Magetan. Kepala dinas pedidikan, kepemudaan dan olah raga Kab. Magetan Drs. Joko Santoso, M.Pd beserta jajaran. Kepala Sekolah se Kab Magetan serta Guru Pengajar dan anak didik Kab Magetan.

Bupati Magetan Dr.Drs.H. Sumantri, MM dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan ucapan terima kasih kpd Mendikbud RI Prof.Dr.Muhajir Efendy,M.A.P beserta rombongan dalam kegiatan Gebyar Hardiknas Kab Magetan th 2018 dan Seminar Akbar. Semoga dengan kehadiran Bapak menteri dalam acara ini dapat menambah wawasan bagi kita semua.

Dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 ini kita mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan. “Sesuai dengan tema tersebut, marilah kita jadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagai tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara. “Tegasnya”

Sementara itu Mendikbud RI Prof.Dr.Muhajir Efendy,M.A.P menyampaikan bahwa Peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini juga kita jadikan momentum untuk kita muhasabah, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan bidang pendidikan. Dalam waktu yang bersamaan kita menerawang ke depan atau membuat proyeksi tentang pendidikan nasional yang kita cita-citakan.

Kita berkomitmen untuk terus berikhtiar membangun pendidikan yang hidup dan disinari oleh kebudayan nasional. Kita yakin bahwa kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan kita kuat. Begitu pula sebaliknya jika pendidikan kita subur dan rindang, akar kebudayan akan lebih tertata dalam tanah tumpah darah Indonesia.

Pada hari pendidikan nasional 2018 ini kita perlu merenung sejenak untuk menengok kebelakang, melihat apa yang telah kita kerjakan di bidang pendidikan, untuk kemudian bergegas melangkah ke depan guna menggapai cita-cita masa depan pendidikan nasional yang didambakan. Di dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional bahwa pendidikan nasional kita adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, sedangkan kebudayaan nasional merupakan akar pendidikan nasional. Disinilah terjadinya titik temu antara pendidikan dan kebudayaan. Sebagai guru dan Pengajar harus mencurahkan segala ilmu kita utk anak didik kita, supaya kedepan bisa berguna utk bangsa dan negara.

Jika kebudayaan nasional kita menghunjam kuat di dalam tanah tumpah darah Indonesia, akan subur dan kukuh pulalah bangunan pendidikan nasional Indonesia. Disamping itu, disahkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayan akan mempertegas posisi kebudayaan nasional sebagai ruh, pemberi hidup, dan penyangga bangunan pendidikan nasional kita. Oleh sebab itu, kebudayaan yang maju adalah prasyarat yang harus dipenuhi jika ingin pendidikan nasional tumbuh subur, kukuh, dan menjulang. “Tegasnya”

Dalam kunjungan kerjanya di Kab. Magetan Mendikbud RI Prof.Dr.Muhajir Efendy,M.A.P beserta rombongan melaksanakan Sholat Jumat dan sholat Ghoib di masjid Agung Baitussalam Magetan.

Kunjungan kerja Mendikbud RI Prof.Dr.Muhajir Efendy,M.A.P dalam rangka memperingati serangkaian Hardiknas th 2018 di Kab Magetan dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan menjalin silaturahmi antara orang tua, pendidik dan peserta didik akan pentingnya membacakan buku pada anak, dan mendorong orang tua untuk berperan dalam menumbuhkan minat baca pada anak-anaknya.

 

Tinggalkan Balasan