Kunjungan Kerja Kementan RI dan Aster Kasad Di Wilayah Magetan

Magetan – Senin/7/5/2017. Menteri Pertanian Republik Indonesia Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, di dampingi Asisten Teretorial Kasad  Mayjen TNI Supartodi dan Kasdam V/Brawijaya  Brigjend TNI Widodo Iryansyah melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka menghadiri kegiatan panen pedet SIWAB (Sapi Induk Wajib Bunting) di Lapangan Desa Cepoko Kec. Panekan Kab Magetan dengan tema ” Sehat dan cerdas dengan protein hewani untuk generasi milenia ” yang dihadiri ribuan peternak dan masyarakat Kab. Magetan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut  Bpk Ibnu Muttasam Komisi IV DPR RI, Danrem 081/DSJ Kolonel Inf R Sidharta Wisnu Graha, Bupati Magetan  Dr. Drs. H Sumantri MM, Dandim 0804/Magetan Letkol Arm Heri Bayu Widiatmoko, Kapolres Magetan AKBP Muslimin SIK, Bpk Putut Dirjen Pertanian dan Peternakan RI, H. Samsi, ST Wakil Bupati Magetan, Ibu Karmini, S.Sos Ketua DPRD Kab Magetan,  Drs. H. Bambang Trianto, MM Sekda Kab Magetan, Letkol Sus Sutarno Ka Intel Lanud Iswahjudi, Letkol Inf Yudi Rianto Ratu Dan Secata Rindam V/BRW, Bpk Nurhadi, SH, MM Ketua Pengadilan Negeri Kab Magetan, Bpk Atang Sugianto, SH, MH Kepala Kejaksaan Negeri Kab Magetan, Drs. H. Achmad Nurul Huda, MH Ka Pengadilan Agama Kab Magetan, Jajaran Asisten Bupati Magetan, Jajaran Staf ahli Bupati Magetan, Kepala Dinas Instansi terkait, Camat se Kab. Magetan, Para perternak sapi dan kelinci Kab. Magetan serta masyarakat Kab. Magetan

Setibanya di wilayah Kab Magetan rombongan  Mentri Pertanian RI meninjau area persawahan Ds Campursari Kec Sidorejo Kab Magetan untuk melihat langsung penggunaan alat mesin pertanian bantuan APBN berupa Hand Traktor dan melaksanakan dialog dengan petani. Diharapkan bantuan Alsintan yang diberikan 1 desa 3 Alsintan dapat bekerja secara maksimal selama 10 jam perhari dan tidak boleh dikuasi oleh satu kelompok tani saja, jadi penggunaanya untuk petani satu desa, diharapkan dengan adanya bantuan Alsintan tersebut dapat mengurangi biaya pengolahan sawah sebanyak satu juta per hektar.

Pada kesempatan tersebut rombongan Mentri Pertanian RI meninjau acara panen pedet siwab di lap Ds cepoko Kec Panekan. Dalam Sambutanya Bupati Kab Magetan Dr. Drs. H Sumantri MM menyampaikan atas nama seluruh masyarakat Magetan mengucapkan selamat datang kepada Mentan RI dan rombongan semoga kunjungan ke Magetan membawa barokah bagi masyarakat Magetan yang mayoritas mengantungkan hidupnya dengan bertani dan beternak.  Potensi pertanian di Magetan telah menyumbang 57 %  APBD Magetan yang bersumber dari dari sektor pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan dan haoltikultura. Sedangkan sektor peternakan telah menyumbang 37 %nya. Oleh karena itu program nasional penenuhan protein hewani dari daging sapi sedang digalakan, sementara itu sektor lain  seperti ternak unggas dan kelinci juga sedang di budidayakan di Wilayah Kab. Magetan. “tegasnya”

Sementara itu Mentri Pertanian RI Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman sangat mengapresiasi usaha dan kerja keras yang dilakukan pemerintah Kab. Magetan serta masyarakat petani dan peternak di magetan yang telah berkontribusi dalam pemenuhan kebutuhan pangan khususnya pemenuhan kebutuhan akan daging sapi skala nasional. Dikatakan bahwa Magetan merupakan sentra ternak sapi dengan 45 % sapi yang lahir dari seluruh indonesia ini ada di Magetan. “ungkapnya”

Rombongan Mentan RI pada kesempatan tersebut juga  melaksanakan kunjungan lapang ke lokasi “BEKERJA” (bedah kemiskinan rakyat sejahtera) Ds Tanjungsari Kec Panekan untuk memberikan bantuan kelinci kepada 20 KK dan setiap KK memperoleh  25 ekor kelinci. Bantuan tersebut diberikan kepada masyarakat magetan  untuk budidaya kelinci bagi Rumah tangga kurang mampu dan kawasan rumah tangga lestari di Desa Tanjungsari Kec. Panekan Kab. Magetan. (MDC0804)

 

Tinggalkan Balasan