Babinsa Desa Belotan Sebagai Pelopor Dalam Siskamling

Bendo, Dalam menjaga keamanan lingkungan sangatlah penting untuk dilakukan oleh setiap warga masyarakat, Meskipun pemerintah telah menjamin keamanan kita selaku warga negara, dengan mengerahkan aparat-aparat penegak hukum seperti polisi dan TNI, namun kita ketahui terdapat keterbatasan personil aparat dalam pengamanan tersebut. Jadi kita sendirilah yang bertanggung jawab atas keamanan lingkungan kita masing-masing. Oleh sebab itu Babinsa desa belotan serka Joniar bersama warga mengadakan siskamling di desa binaanya. (Jumat, 22/06/18)

Siskamling adalah sistim keamanan lingkungan yang diciptakan untuk mendukung upaya pemerintah dalam menjamin keamanan setiap warganya dari segala bentuk tindak kejahatan yang mungkin mengancam baik diri pribadi maupun lingkungan sekitar. Meskipun lingkungan kita terlihat aman-aman saja, namun sebaiknya kita tetap waspada karena tindak kejahatan bisa terjadi kapanpun dan dimanapun tanpa kita sangka. Karena kejahatan bisa timbul karena ada kesempatan yang lengah dari kita.

Warga masyarakat desa belotan menyambut baik dengan diadakan ronda siskamling ini, karena sebentar lagi akan diadakan pilkada maka perlu menciptakan situasi lingkungan yang aman, tentram dan kondusif. Dengan adanya pergantian siskamling ini diharapkan timbulnya rasa gotong-royong kembali di desa yang selama ini sudah mulai luntur. Kita ciptakan rasa satu warga desa belotan yang mempunyai tugas dan  tanggungjawab sama dalam menjaga keamanan lingkungan.

Serka Joniar selaku babinsa menyampaikan bahwa Siskamling ini memiliki manfaat yang jauh lebih besar daripada sekedar menciptakan lingkungan yang aman. Dengan adanya siskamling ini hubungan antar warga akan menjadi semakin erat, sehingga tidak lagi ada warga yang tidak saling kenal dengan tetangganya sendiri walaupun kita hidup di desa tidak menutup kemungkinan ini terjadi. Oleh sebab itu dengan adanya siskamling kita bisa bergaul dan bertutur sapa dengan warga lain. Apabila warga sudah mengenal baik dengan warga lain maka diharapkan setiap persoalan-persoalan yang terjadi di wilayah desanya bisa dipecahkan bersama-sama itu mencari solusi terbaik dengan mufakat bersama warga. (R13)

Tinggalkan Balasan