Bangkitkan Rasa Nasionalisme Generasi Muda Melalui Wasbang Dan Bela Negara

Parang – Ba Tuud Koramil 0804/04 Parang Serka Samsi sebelum melaksanakan latihan Paskibraka dalam rangka HUT RI yang ke 73 dilapangan Desa Pragak Kec.Parang Kab Magetan para peserta Paskibraka diberi Wasbang dan Bela Negara. 27/07/2018.

Di hadapan peserta latihan Serka Samsi memberikan penjelasan, semangat nasionalisme bangsa telah tertanam selama ini dan pengorbanan jiwa raga ini untuk kemajuan dan kedaulatan bangsa. Nampaknya selama ini rasa nasionalisme sedikit mulai memudar. Generasi muda saat ini banyak yang kurang bisa memaknai kemerdekaan bangsa dengan baik. Masih banyak yang diam, atau seakan-akan acuh akan nasionalisme. Bukankah pemuda disebut – sebut sebagai agent of change yang diharapkan mampu membawa bangsa ini kearah yang lebih baik . “ungkapnya”

Ia menambahkan bahwa kondisi para pemuda kita saat ini Nampak jelas di depan mata kita. Sebagai contoh, kecintaan pada produk dalam negeri mulai hilang. Membeli produk luar negeri mereka anggap suatu kebanggaan tersendiri yang dapat menaikkan prestise mereka dihadapan masyarakat. Tampaknya westernisasi telah menyulap pemuda kita menjadi lupa akan jati diri mereka sebagai bangsa Indonesia yang masih memegang teguh budaya timur. Selain itu, munculnya sikap individualisme yang menimbulkan ketidakpedulian antar prilaku sesama warga. Dengan adanya individualisme maka orang tidak akan peduli dengan kehidupan bangsa .

Oleh karena itulah latihan baris-berbaris dalam pelatihan paskibra ini merupakan latihan dasar dalam membentuk kepribadian dan kedisiplinan bagi tiap orang terutama generasi muda sebagai generasi penerus bangsa, untuk itu Latihan Bela Negara dipandang perlu dalam pembentukan karakter generasi muda saat ini.

Pelatihan Baris berbaris juga digunakan dalam tiap even hari besar Kenegaraan seperti menjelang 17 an dimana Ba Tuud Koramil 0804/04 Parang Serka Samsi  melaksanakan pelatihan Paskibrak dengan materi Baris berbaris serta memberi pemahaman kepada peserta paskibra tentang hakikat nasionalisme, jati diri bangsa,  jiwa patriotisme dan cinta tanah air yang harus terpatri pada generasi muda saat ini. (R 04 )

Tinggalkan Balasan