Peresmian Masjid Agung Baitussalam Magetan

Magetan.  Dandim 0804/Magetan Letkol Arm Heri Bayu Widiatmoko menghadiri Peresmian Masjid Agung Baitussalam Magetan di Jln. Basuki Rahmat Barat No. 1 Magetan. Peresmian Masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat Magetan tersebut ditandai dengan pemotongan pita dan penanda tanganan prasasti yang dilakukan oleh Bupati Magetan Dr. Drs. H. Sumantri, MM. didampingi Forkopimda dan tokoh Agama yang ada di Magetan. Selasa (17/7/2018)

Menurut sejarah Masjid agung baitussalam dibangun pertama kali pada tahun 1886 Masehi atau 1553 Hijriyah. Pembangunan tersebut dilakukan pada masa pemerintahan Bupati Raden Mas Arjo Hadipati Soerodiningrat yang menjabat pada tahun 1862-1887 masehi.

Bangunan pertama masjid ini berbentuk joglo limas, dengan empat buah tiang utama dari kayu jati. Adapun beberapa peninggalan dari bangunan awal masjid ini adalah tiga buah pintu dalam yang diukir serta satu buah bedug berdiameter 110 cm.

Sampai saat ini masjid agung Baitussalam sudah mengalami beberapa kali rehab, rehab terakhir dilaksanakan pada tahun 1993, pada masa pemerintahan bupati Drs. H. Soedarmono dan sekarang mengalami pembangunan kembali  oleh Bupati H. Sumantri, hingga masjid tampak megah dan indah seperti saat ini.

Bupati Magetan Dr. Drs. H. Sumantri, MM dalam sambutanya mengatakan  mengingat begitu pentingnya masjid sebagai tempat ibadah dan syiar Islam, maka saya berharap masjid ini dapat dimanfaatkan secara optimal bukan saja sebagai tempat ibadah namun juga menjadi pusat study dan syiar islam bagi masyarakat di Kab. Magetan. “Saya  atas nama Pemkab Magetan dan Pribadi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan berpartisipasi atas terlaksananya pembangunan masjid ini” ucapnya. (pendim 0804)

 

Tinggalkan Balasan