Anggota Koramil 0804/02 Plaosan amankan uji coba Ranpur Tank Kaplan

Plaosan – Pindad saat ini telah memproduksi berbagai alutsista, mulai dari senjata, munisi kaliber kecil (MKK), munisi kaliber besar (MKB), kendaraan tempur seperti panser anoa dan bahan peledak. Produk terbaru PT Pindad (Persero) berupa prototipe medium tank, Kaplan MT, mulai dilirik pasar mancanegara. Beberapa negara dari regional Asia Tenggara mulai berminat dengan kendaraan tempur hasil kolaborasi Pindad dengan perusahaan asal Turki, FNSS.

Kaplan MT saat ini baru akan diproduksi untuk kebutuhan dalam negeri. Rencananya, Kaplan MT baru akan diproduksi sebanyak 100 unit untuk Tentara Nasional Indonesia. Kolonel Prihandoko mengatakan, tingginya minat dari pasar mancanegara disebabkan karena spesifikasi Kaplan MT yang mutakhir. Kaplan MT memiliki berat 30-40 ton dengan ukuran 7 meter x 3,2 meter x 2,7 meter.

Medium tank ini menggunakan mesin diesel dengan sistem transmisi otomatis (fully-automatic) yang mampu mengangkut 3 personel, terdiri dari juru kemudi, juru tembak, hingga pemberi komando. Dengan kecepatan 70 kilometer per jam, Kaplan MT memiliki jarak tempuh maksimal sekali jalan 450 km.

Selain itu, medium tank ini juga dilengkapi dengan meriam berkaliber 105 mm. Ia juga menggunakan Remote Control Weapon System (RCWS). “Jadi ini bisa dikatakan baru pertama di dunia untuk yang kelas medium, light tank. Makanya ini jadi andalan Pindad ke depan,” kata Priahandoko

Selain itu saat ini ada beberapa fase yang harus ditempuh Kaplan MT sebelum bisa dipasarkan. Medium tank tersebut harus mengikuti uji mobilitas, uji tembak, hingga proses sertifikasi.

Dalam pelaksanaan uji coba Ranpur Tank Kaplan tersebut Jumat (10/8/18) Koramil 0804/02 menurunkan  anggotanya untuk melaksanakan pengamanan Route yang di mulai dari terminal ngerong kemudian melintasi tanjakan ngerong yang terkenal  memiliki sudut tanjakan ekstrim naik kesarangan dan Finis di cemorosewu yang kemudian kembali ke Teminal Ngerong setelah kegiatan uji coba di sarangan di lanjutkan ke Wilayah Jawa tengah, melewati Plaosan – Sidorejo – Magetan – Sukomoro – Maospati – Karangrejo dan melewati Ngawi dan melanjutkan ke Jawa Tengah. (R.02)

Tinggalkan Balasan