Magetan, Dalam rangkaian acara ” Bersih Desa ” yang dilaksanakan di Desa Klagen Gambiran , warga masyarakat Desa  menggelar acara gambyong/Tayub. Tradisi bersih Desa ini, menurut salah satu tokoh masyarakat Bapak H. Kustur merupakan acara yang tidak semata-mata hanya melakukan bersih-bersih lingkungan, tapi lebih pada kesejahteraan serta kerukunan masyarakat, “Dengan adanya acara seperti ini, diharapkan warga masyarakat bisa hidup berdampingan dengan aman dan tenteram” Tuturnya.

Hal serupa juga disampaikan Kepala Desa Klagen Gambiran Bapak Sunarno. Menurutnya,  Kepala Desa bahwa apabila warga masyarakat hidup tenang, maka program pembangunan akan terlaksana sesuai dengan yang di canangkan. “Selama ini partisipasi warga dalam berbagai hal sudah baik. Dan hal itu akan kami jaga selamanya,” Jelas Bapak Sunarno.

Pada kesempatan acara Tayub tersebut Kepala Desa Klagen Gambiran Bapak Sunarno  menuturkan salah satu tujuan diadakan kegiatan itu, untuk melestarikan Budaya leluhur/Jawa yang juga budaya bangsa.

Dalam rangka acara Bersih Desa tersebut dihadiri oleh Kepala desa Kepala Desa Klagen Gambiran Bapak Sunarno, Kapolsek Maospati diwakili oleh Bripka Eko, Danramil 0804/106 diwakili Peltu Maryadi , Babinsa Klagen Gambiran Pelda Suhadi dan Seluruh perangkat desa  Toga, Tomas, serta warga masyarakat Desa Klagen Gambiran Kec. Maospati.

Menurut Peltu Maryadi dan Pelda Suhadi  Babinsa Desa Klagen Gambiran mewakili Danramil 0804/06 Maospati menyampaikan bahwa “Dengan adanya acara tradisi bersih Desa ini saya selaku Babinsa berharap acara Bersih Desa tetap selalu diadakan setiap tahunnya guna melestarikan budaya para leluhurnya yang telah turun temurun, selain itu Bersih Desa Klgen Gambiran Tahun 2018 ini juga sebagai interaksi sosial bagi warga di Desa yang dapat menumbuhkan sikap kebersamaan dan sikap saling membantu serta gotong royong ,”ungkapnya. [R06]

Tinggalkan Balasan