Magetan-Sukomoro, Untuk memberikan Rasa, aman nyaman dan kondusif Babinsa 0804/09 Sukomoro Serda Satriyono bersinergi dengan Babinkamtibmas desa Bibis amankan Giat Bersih Desa Bibis kec Sukomoro kab Magetan.  Keamanan , kenyaman serta suasana kondusif dalam suatu kegiatan merupakan kebutuhan yang sangat di dambakan oleh masyarakat. Serda Satriyono Babinsa Desa Bibis Koramil 0804/09 Sukomoro bersama Babin Kamtibmas Desa Bibis bersinergi untuk mewujudkan impian masyarakat yaitu kegiatan harus aman ,nyaman dan Kondusif karena.

Babinsa Desa Bibis bersinergi dengan Babinkamtibmas desa Bibis amankan acara Bersih Desa di wilayah binaan

Bersih Desa merupakan adat istiadat yang selalu di laksanakan warga Ds Bibis sebagai wujud rasa Syukur atau upacara adat Jawa untuk menghormati leluhur atau yang pertama babat alas desa seperti halnya di desa Bibis. Kecamatan Sukomoro yg sedang melaksanakan bersih desa dengan nguri nguri adat bersih desa lewat hiburan seni tari Reog Ponorogo.

Semua warga Desa Bibis bertumpah ruah untuk melaksanakan Upacara adat Bersih deda sebagai wujud rasa syukur dengan tradisi  selamatan dan mendo’a kan  leluhur di Makam Pepunden di Desanya.

Dalam pelaksanaan bersih Desa (nyadran)di Desa Bibis kec Sukomoro  berlangsung ramai dan meriah , bersih desa dilaksanakan setiap Tahun sekali di Bulan Suro atau Bulan Muharam , dalam pelaksanaan bersih desa tersebut di hadiri oleh Forkopimca kec Sukomoro , Kepala Desa dan perangkat Babinsa  Desa dan Babinkamtibmas , tokoh  masyarakat ,  Desa dan warga desa Bibis .

Kepala Desa Bibis  Ibu Hartatik mengucapkan trims kepada Forkopimca kecamatan Sukomoro yang telah hadir dlm rangka bersih desa di desa Bibis dan mengucapkan trims kepada masyarakat desa Bibis untuk melaksanakan selamatan dan do’a bersama  di punden leluhur dan

sesepuh Desa Bibis Kec. Sukomoro Kab. Magetan.

Pelaksanaan kesenian reog Ponorogo di kalangan masyarakat Bibis di adakan setiap Bulan Besar atau Bulan Suro. Dan dilakukan di tempat yang khusus yaitu di Punden di Desa setempat , di Punden dilakukan prosesi adat yang dipimpin oleh sesepuh Desa atau juru kunci desa Bibis agar kerukunan warga khususnya Desa Bibis kecamatan Sukomoro dapat berlangsung dan terjalin tali silahturahmi antar warga kuat.  ( rwn/ R 09 )

Tinggalkan Balasan