Babinsa Desa Ringinagung Kawal Acara “Grebeg Pring Urip Nyawijineng Krenteg” Di Desa Ringinagung.

Magetan,  Garebeg adalah acara budaya yang rutin diadakan oleh Warga Desa Ringinagung setiap tahun baru islam. Kepala Desa Ringinagung menghadiri peringatan Gema Muharram dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah di Desa Ringinagung Kec/Kab Magetan, Jumat, 7 September 2018.

 

Kegiatan Gema Muharram atau Grebeg Pring Urip Nyawijineng Krenteg yang diadakan di halaman Kantor Desa Ringinagung ini diisi dengan kegiatan seni budaya Reog, gerebek Suro dan Kirab Budaya.

 

Kepala Desa memberikan apresiasi atas kegiatan budaya dalam menyambut Tahun Baru Islam yang tetap dilestarikan masyarakat Jawa di Desa Ringinagung  Kec/Kab Magetan dikenal dengan nama Grebeg Pring Urip Nyawijineng Krenteg , “Kegiatan seperti ini perlu dilestariakan,” ujar kepala Desa yang saat itu mengenakan pakaian adat Jawa.

 

Selain itu Kepala Desa juga mengatakan, sudah sepantasnya seluruh masyarakat Desa Ringinagung merasa bangga atas segala nilai seni dan kekayaan budaya yang dimiliki.

 

Dalam rangka serbuan terotirial maka Babinsa hadir dalam rangka membantu lancarnya kegiatan tersebut, karena Babinsa selalu siap dan siaga untuk ikut melestarikan budaya di daerah. Sebagai bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat. Dalam rangka menjaga ketertiban, keamanan dan kelancaran kegiatan ini Babinsa dan babinkamtibmas Desa Ringinagung ikut mengawal dan mengamankan jalanya acara Grebeg Pring Urip Nyawijineng Krenteg yang dilaksanakna di desa binaan.

 

Dalam kesempatan tersebut kepala desa mengucapkan terima kasih kepada Babinsa atas perannya mendukung pada acara Grebeg Pring Urip Nyawijineng Krenteg, jelas Kepala Desa Ringinagung Yuli Bagus Trisnawan. (TSr/R01)

Tinggalkan Balasan