Babinsa Koramil 0804/10 Dukung Seni Dan Budaya Tradisi Bersih Desa Di Kec. Kawedanan

Magetan – Koramil 0804/10 Kawedanan, Bersih Desa merupakan selametan atau upacara adat Jawa sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas segala kemakmuran dan keberkahan bagi suatu desa, seperti halnya di desa Genengan dan Desa Bogem Kecamatan Kawedanan melaksanakan bersih desa selain melaksanakan doa bersama sebagai acara  puncak masyarakat disuguhkan dengan hiburan  berupa tayuban atau istilah jawa disebut gambyong.

Seni Tayub mengiringi prosesi bersih desa di Desa Genangan dan Desa Bogem Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan . Semua warga Desa Genengan Dan Desa Bogem tumpah ruah untuk selamatan dalam rangkaian upacara adat bersih desa.

Dalam pelaksanaan bersih desa di Desa Genengan dan Desa Bogem Kecamatan Kawedanan berlangsung ramai dan meriah , bersih desa dilaksanakan setiap Tahun sekali di Bulan Suro atau Bulan Muharam.

Kepala Desa Genengan Bambang S,  mengatakan  Seni Tayub sendiri di tentukan dengan penanggalan jawa untuk bersih desa. Seni Tayub memegang peranan penting sebagai salah satu bagian utama dari ritual bersih Desa.”jelas Kepala Desa Genengan”

Untuk menjaga kelestarian tradisi  dan budaya Seni Tayup sering ditampilkan dalam moment selamatan Desa maupun hari Jadi. Pelaksanaan seni Tayub dalam masyarakat Kecamatan Kawedanan diadakan setiap Bulan Besar atau Bulan Suro.

Serda Sugianto selaku babinsa Desa Genengan dan Koptu Agus Babinsa Desa Bogem sangat mendukung kegiatan masyarakat di wilayahnya, Ia mengatakan tradisi yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini harus dilestarikan seperti halnya tayuban yang sudah turun temurun hingga saat ini masih menjadi kebiasaan sebagai budaya dalam tradisi bersih Desa di Desa Genengan dan Desa Bogem. Tradisi ini selalu dijaga warga, diharapkan  kegiatan seperti  ini akan mempunyai nilai jual sebagai aset wisata di Kec. Kawedanan. “terangnya”  (R 10)

Tinggalkan Balasan