Koramil 0804/05 Poncol Secara Rutin Melakukan Pengecekan Kondisi Air Di Waduk Gonggang

Magetan – Kemarau panjang mengharuskan Satuan Apkowil Koramil 0804/05  Poncol senantiasa monitor kondisi dan posisi air diwaduk Gonggang Kec. Poncol Kab. Magetan yang semakin hari semakin menurun.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dampak buruk yang mungkin timbul akibat kekeringan. Musim kemarau yang sudah berlangsung mulai bulan April 2018 s.d  September sekarang ini cukup mempengaruhi kondisi debet air di Waduk semakin surut. Aliran sungai dari sumber air Trojiwo pun semakin kecil debet airnya yang masuk ke dalam area Waduk.

Kebutuhan air baik untuk irigasi Pertanian dan kebutuhan minum bagi masyarakat , khususnya di Poncol , Parang dan Kec. Lembeyan masih tercukupi dan belum berdampak  menimbulkan permasalahan.

Menurut sdr. Anis dan sdr. Darno selaku Penanggung jawab Pengelolaan air DAS SOLO di  Waduk Gonggang ,  ketika ditanya Danramil 0804/05 Poncol tentang  kemampuan dan ketersediaan air untuk  petani dan masyarakat  di 3 kecamatan ,  menyampaikan   ” bahwa apabila belum ada turun hujan ,  posisi debet air saat ini hanya cukup untuk menghidupi  kebutuhan di lingkungan  masyarakat sekitar 1 s.d 2 bulan kedepan saja” terangnya. (R05)

Tinggalkan Balasan