Danramil 0804/07 Karangrejo Memberikan Pembekalan Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS SMA Negeri 1 Karas

Magetan – Berdasarkan program sekolah dan Kurikulum yang berlaku, SMA Negeri 1 Karas mempersiapkan  siswanya yang menjadi pengurus OSIS (organisasi siswa intra sekolah) dengan latihan dasar kepemimpinan, untuk itu SMA Negeri 1 Karas melibatkan  Koramil 0804/07 Karangrejo,  untuk mememberikan materi pelatihan kepada siswanya.

Sebanyak 45 siswa  yang telah lulus seleksi dalam uji kemampuan dasar kepemimpinan dalam bidang organisasi kesiswaan untuk menduduki pengurus OSIS masa bakti 2018 – 2019, melaksanakan latihan ini. Hal ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun seiring  pergantian pengurus baru yang diambil dari siswa  kelas X dan XI.

SMA Negeri 1 Karas dalam latihan ini selalu bekerja sama dengan Koramil 0804/07 Karangrejo dalam memberikan bekal  para pengurus tersebut dengan bentuk kegiatan yang dinamakan LDK ( Latihan Dasar Kepemimpinan ) dilaksanakan selama 3 hari.

Latihan dasar kepemimpinan ini dilaksakan dalam rangka menumbukan jiwa nasionalis, patrotisme, membentuk kedisiplinan siswa, menanamkan tata krama dan sopan santun disekolah.  “Peran dari satuan Komando Kewilayahan dalam hal ini Koramil sangat dibutuhkan dalam mendukung latihan ini” ungkap Drs. H. Widodo, M.pd selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Karas.

Pada latihan tersebut Danramil 0804/07 Karangrejo Kapten Arif W. di beri kesempatan untuk memberikan Wawasan Kebangsaan dengan materi  tentang paham radikalisme, Froxy Waar, pemahaman Idiologi Pancasila  dan cara pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari serta pengetahuan dan pengenalan 11 azas kepemimpinan.

Sedangkan materi dilapangan anggota Koramil 0804/07 Karangrejo memberikan  latihan PBB yang sesuai dengan dengan referensi dan buku petunjuk peraturan baris berbaris termasuk juga latihan tata Upacara yang benar.

Danramil 0804/07 Karangrejo mengatakan latihan ini harus dilaksanakan dengan penuh semangat, sebagai pengurus OSIS kalian akan menjadi contoh dan panutan bagi siswa yang lain. “tegasnya”

Sementara itu Samsul, Spd selaku wakil kepala sekolah SMAN 1 Karas menegaskan agar hubungan dan kerjasama dengan Koramil 07/ Karangrejo terus ditingkatkan untuk membantu  membesarkan SMA Negeri 1 Karas, agar siap bersaing yang positif dan mengasilkan anak didik yang mandiri dan mampu bersaing di bidang akademik maupun bidang lainnya. (R. 07 )

 

Tinggalkan Balasan