Ponpes Al Fatah Temboro Gelar Lomba Panahan

Karas – Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fatah Temboro, Kecamatan Karas Kab. Magetan menggelar lomba panah yang diikuti berbagai daerah di Indonesia. dalam rangka HUT RI KE 73. Th 2018. Minggu(02/09/2018).

Sebanyak 347 peserta terdaftar pada panitia dari berbagai daerah, tidak hanya dari kawasan wilayah Jawa saja namun ada peserta dari Sumatra dan Sulawesi.  Panitia membagi 2 kategori yakni kategori Santri usia di bawah MA (Madrasah Aliyah) dan kategori Umum segala usia dewasa.

Ubaidilah Akror selaku pimpinan Ponpes mengatakan kegiatan lomba ini untuk melestarikan budaya adat Jawa dan Sunah Nabi. “Kita ingin memulai menggairahkan panahan karena ini bagian budaya sunnah Nabi. Di pesantren, panahan buat santri kan mulai disorot dengan hal negatif padahal sama sekali tidak ada, maka kami menegaskan bahwa ini juga bagian budaya adat Jawa,” katanya disela lomba.

Lebih lanjut,  KH. Ubaidilah Akror mengaku senang dengan gelaran panahan tersebut. Menurutnya sejak beberapa tahun Ponpes Al –  Fatah sudah mengelar lomba panahan.

“Selamat datang pada peserta lomba panahan bertepatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 73 TH. 2018, pesantren Al – Fatah ikut serta memperingati HUT RI dan selalu bersinergi dg Babinsa termasuk kerjasama dg Koramil 0804/07 Karangrejo dlm hal pengamanan dan kertertiban para tamu dari luar daerah. Persatuan dan kesatuan antara umarok dan umaroh terus di pelihara dan di tingkatkan, dan Ponpes Al – Fatah juga ikut berpartisipasi dalam mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal positif  menuju lingkungan yang aman, damai, tentram, serta sangat mendukung dan ikut menjaga tetap tegaknya NKRI,  ujar panitia penyelenggara yg sdh akrab seperti saudara dg Babinsa Ds. Temboro.

Sementara itu, Syaifuddin peserta dari Banten termotivasi ikut lomba karena bagian dari sunah Rasulullah. Meski tidak berharap menang, dia ingin melestarikan sunah dan bagian adat Jawa.(By–R.07).

Tinggalkan Balasan