Babinsa Sarangan Koramil 0804/02 Plaosan melaksanakan Binlat dasar kepemimpinan SMPN 1 Balerejo Madiun

Magetan Plaosan, Latihan Dasar Kepemimpinan / LDK adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini biasanya yang diberikan oleh Pengurus OSIS lama kepada calon Pengurus OSIS baru, baik untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas (untuk LDK tingkat sekolah menengah). Pelatihan dasar yang diberikan ini bertujuan untuk memberikan bekal Kepemimpinan kepada Pengurus OSIS baru yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan OSIS dari sekolah yang bersangkutan.

LDK biasanya diberikan dalam dua bagian yaitu LDK Fisik dan LDK Mental. Pemberian materi dari kedua jenis LDK ini biasanya diberikan di waktu dan tempat yang berbeda. Untuk LDK Mental bisa berupa materi Wawasan kebangsaan, yang menjadi pemberi materi bukanlah lagi para Pengurus OSIS lama melainkan Dewan  Guru, Pembina  OSIS, Kepala Sekolah serta Guru Psikologi dan Konseling dari sekolah yang bersangkutan, atau bisa juga dengan bekerja sama dengan Koramil di mana kegiatan di laksanakan, LDK Fisik biasanya diberikan melalui pelatihan PBB oleh Babinsa dari Koramil

Demikian halnya yang dilaksanakan oleh Babinsa Kel. Sarangan Serma Sujarwo dan Sertu Argha Darmawan Minggu (21/10) di halaman Hotel Merah Sarangan mengisi materi pelatihan PBB Terhadap OSIS Siswi dan Siswi SMPN 1 Balerjo Madiun dalam kesesempatan itu Serma Sujarwo menyampaikan” pelatihan PBB ini adalah salah satunya upaya untuk menumbuhkan jiwa disiplin dan kepemimpinan yang mampu menjalin hubungan kerja sama dengan orang lain, Memiliki keterampilan dan pemahaman tentang organisasi yang lebih,

Melalui LDK para siswa atau siswi diharapkan dapat memiliki karakteristik seorang pemimpin yang memiliki intelektual, kreatifititas serta nalar berfikir yang berguna bagi tanah air bangsa dan negara Indonesia yang dijiwai oleh semangat pancasila dan undangundang dasar 1945, bekerjasama dengan orang lain dalam lingkup yang lebih besar. Hal ini dikarenakan dalam kegiatan LDK para siswa dan siswi peserta mendapatkan sebuah pengalaman baik secara intelektual maupun pengalaman tentang cara atau bagaimana berinteraksi, berkomunikasi yang baik dalam berorganisasi” ujarnya.

Dalam pelaksanaan PBB dilaksanakan pelatihan dasar-dasar peraturan Baris Berbaris  (PBB) berupa gerakan di tempat maupun gerakan berjalan,Kegiatan PBB tersebut di ikuti oleh 56 orang peserta LDK dari Siswa-siswi SMPN 1 Balerejo Madiun yang dilaksanakan selama tiga hari yang di mulai tanggal 19 sampai dengan 21 Oktober 2018.  (R02)

Tinggalkan Balasan