Dandim 0804/Magetan Hadiri Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Di Monumen Soco

Magetan – Dandim 0804/Magetan mengadiri Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2018 Kab. Magetan. Pelaksanaan upacara yang dipusatkan di Monumen Tetenger Soco tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Magetan Dr. Drs Suprawoto SH. M.SI. Senin(01/10)

Monumen Soco merupakan salah satu dari tempat bersejarah yang mengingatkan kita pada kekejaman PKI tahun 1948 di Magetan. Di sumur tua desa Soco itulah ditemukan tak kurang dari 108 jenazah korban kebiadaban PKI. Sebanyak 78 orang diantaranya dapat dikenali, sementara sisanya tidak dikenal.

Beberapa nama korban yang menjadi korban pembantaian di Desa Soco adalah Bupati Magetan Sudibjo, Jaksa R Moerti, Muhammad Suhud (ayah mantan Ketua DPR/MPR, Kharis Suhud), Kapten Sumarno dan beberapa pejabat pemerintah serta tokoh masyarakat setempat termasuk KH Soelaiman Zuhdi Affandi dan pimpinan Pondok Pesantren ath-Thohirin Mojopurno.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila merupakan momentum  untuk mengingatkan kita tentang sejarah kelam pengkhianatan Partai Komunis Indonesia (PKI). Sehingga tidak ada ruang bagi PKI untuk hadir lagi di Indonesia.

Bupati Magetan Dr. Drs Suprawoto SH. M.SI mengajak masyarakat untuk memegang teguh Pancasila, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Masyarakat jangan sampai memberi ruang pada ideologi-ideologi lain yang bertentangan dengan Pancasila.

Momentum ini diharapkan bisa mengingatkan kembali mengenai sejarah Pancasila sebagai rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. “Semenjak kita ‎merdeka, sudah berbagai persoalan yang ingin mengubah dan merongrong Pancasila sudah dihadapi bangsa dan negara ini. Dengan kebersamaan, kesatuan dan persatuan kita, Alhamdulillah Pancasila tetap dan harus selalu kita pertahankan untuk menjadi falsafah negara kita,” tegasnya.

 

Tinggalkan Balasan