Peringati HUT Ke 343 Kab Magetan, Dandim 0804/Magetan Ikuti Napak Tilas Ngunut – Parang – Magetan

Magetan, Dandim 0804/Magetan Letkol Arm Heri Bayu Widiatmoko didampingi Danramil 0804/04 Parang Kapten Inf Gunawan Mengikuti Napak Tilas Ngunut Parang Magetan 2018 yang di lepas oleh Bupati Magetan Dr  Drs Suprawoto SH.MSi dan selanjutnya beliau juga ikut gerak jalan beserta jajaran Forkopimda Magetan,  Selasa 09 Oktober 2018.

Gerak jalan Napak Tilas Ngunut Parang Magetan ini selengarakan untuk mengenang peristiwa bersejarah di Magetan, yaitu ketika pusat pemerintahan Kabupaten Magetan dipindahkan ke Desa Ngunut Kecamatan Parang saat terjadinya agresi militer Belanda pada tahun 1948.

Menurut sejarah Belanda menyerbu Magetan pada tanggal 19 Desember 1948. Dan pada tanggal 26 Oktober 1949 tentara Belanda meninggalkan Magetan,dan akhirnya pada tanggal 1 Januari 1950 pusat pemerintahan di Magetan yang dulunya  berada di pedalaman akhirnya pindah ke dalam kota.

Napak Tilas Ngunut Parang Magetan  2018 ini diikuti ratusan bahkan ribuan peserta yang terdiri dari TNI, Polri, PNS, pelajar, berbagai komunitas di Magetan, para pelajar dan perangkat desa  serta antusias warga ikut memeriahkan acara Napak Tilas Ngunut Parang Magetan 2018 dengan menonton di sepanjang jalan yang di lalui oleh peserta Napak Tilas Ngunut Parang Magetan 2018 menambah semarak kegiatan ini.

Peserta napak Tilas dengan penuh antusias dan kekompakan timnya bahkan ada yang berlari karena sangking semangatnya, padahal  acara ini di laksanakan di siang hari dengan suhu yang cukup panas.

Ada tradisi yang melekat dalam Napak Tilas Ngunut Parang Magetan 2018, yaitu para warga sepanjang pinggiran jalan yang  di lalui oleh peserta Napak Tilas Ngunut Parang Magetan 2018 menyediakan berbagai minuman dan makanan untuk menghilangkan lelah dan haus bagi peserta napak tilas ini.

Makan-minum gratis di sediakan oleh warga Gerak jalan Napak Tilas Ngunut Parang Magetan 2018 ini juga dilaksanakan dalam rangkaian hari jadi Kabupaten Magetan ke-343 dengan menempuh jarak sekitar 20 kilometer dengan finish di  depan Pendopo Surya Graha selatan Alun-alun kota Magetan.( R 04 )

Tinggalkan Balasan