Serda Tarmun Hadiri Monetoring Pelaksanaan Penilaian Rumah Sehat Dan Kesehatan Linkungan Di Ds. Tambakmas

Magetan – “Rumahku adalah surgaku, Rumah sehat idamanku” itulah sepenggal kalimat yel yel ibu-ibu PKK dalam gedung Balai Desa Tambakmas menyambut kedatangan rombongan tiem penilai Rumah Sehat Dan Kesehatan Linkungan dari Kabupaten Magetan.

Di mana rumah sehat yang  merupakan salah satu sarana untuk mencapai derajat kesehatan yang optimum. Untuk memperoleh rumah yang sehat ditentukan oleh tersedianya sarana sanitasi perumahan.

Sanitasi rumah adalah usaha kesehatan masyarakat yang menitikberatkan pada pengawasan terhadap struktur fisik dimana orang menggunakannya untuk tempat tinggal berlindung, yang mempengaruhi derajat kesehatan manusia. Rumah juga merupakan salah satu bangunan tempat tinggal yang harus memenuhi kriteria kenyamanan, keamanan dan kesehatan guna mendukung penghuninya agar dapat bekerja dengan nyaman dan produktif.

salah satu Instrument Penilaian Rumah Sehat mengacu pada Pedoman Teknis Penilaian Rumah Sehat  dengan pembagian bobot penilaian meliputi bobot komponen rumah, bobot sarana sanitasi, serta bobot pada perilaku penghuni.

Secara umum rumah sehat apabila memenuhi kriteria sebagai berikut memenuhi kebutuhan psikologis antara lain privacy yang cukup, komunikasi yang sehat antar anggota keluarga dan penghuni rumah, adanya ruangan khusus untuk istirahat (ruang tidur), bagi masing-maing penghuni.

Memenuhi persyaratan pencegahan penularan penyakit antar penghuni rumah dengan penyediaan air bersih, pengelolaan tinja dan limbah rumah tangga, bebas vektor penyakit dan tikus, kepadatan hunian yang tidak berlebihan, cukup sinar matahari pagi, terlindungnya makanan dan minuman dari pencemaran, disamping pencahayaan dan penghawaan yang cukup.

Memenuhi persyaratan pencegahan terjadinya kecelakaan baik yang timbul karena pengaruh luar dan dalam rumah, antara lain persyaratan garis sempadan jalan, konstruksi bangunan rumah, bahaya kebakaran dan kecelakaan di dalam rumah

Aspek yang berkaitan dengan rumah sehat, seperti ventilasi, pencahayaan, penghawaan, suhu dan kelembaban kata ibu dr.Siswiyatining Wikanti Puskesmas Sukomoro Kabupatemn Magetan

Babinsa Tambakmas Koramil 0804/09 Serda Tarmun  mengajak warga masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan bersih seperti yang telah berjalan selama ini “Jum’at Bersih”

Melalui Program Jum’at Bersih di harapkan gotong royong bersama dan peduli akan pentingnya lingkungan bersih sangat penting guna mencegah wabah wabah penyakit  seperti Demam Berdarah yang sangat rentan menjelang datangnya musim penghujan. (R.09)

Tinggalkan Balasan