Bupati Magetan Canangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Di Kec. Poncol

Magetan – Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Semboyan ini menjadi pemahaman bersama bahwa kesehatan menjadi elemen penting bagi kelangsungan hidup manusia. Hal ini yang mendasari pemerintah Kabupaten Magetan mengambil langkah strategis melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Pencanangan gerakan masyarakat Hidup Sehat  di Kec. Poncol dilakukan langsung  oleh Bupati Magetan DR. Drs. H.Suprawoto SH. Msi.  di lapangan Kec. Poncol Kab. Magetan. Jum’at(23/11)

Bupati Magetan DR. Drs. H.Suprawoto SH. Msi mengatakan pencanangan jni merupakan gerakan nasional sebagai bentuk tindakan preventif atas meningkatnya penyakit tidak menular. Tindakan nyata dari Germas dapat kita lakukan dengan  aktifitas fisik, makan sayur dan buah-buahan, serta tidak merokok dalam kehidupan sehari-hari.

“Germas ini sangat penting dan bermanfaat sekali bagi masyarakat. Untuk itu, Ia berharap kesadaran dari diri dan keluarga dalam menjaga pola hidup sehat dapat dimulai. Menurutnya, keluarga menjadi bagian terkecil dalam membentuk kepribadian. Maka dari itu Germas ini dilakukan dengan cara melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok serta senantiasa memeriksakan kesehatannya secara rutin dan memelihara lingkungan” terang Bupati Magetan.

Dengan selalu bersyukur dan mengkonsumsi makanan yang sehat merupakan salah satu cara sederhana untuk hidup sehat, baik lahir maupun batin. Selain itu, perlunya mengubah persepsi bahwa makanan lokal adalah makanan yang tidak bergizi menjadi makanan yang justru bergizi tinggi, juga menjadi cara lain yang cukup efektif.

‘’Banyak sekali makanan lokal atau makanan yang disebut makanan kampung, seperti singkong dan daun kelor dianggap sebagai makanan tidak bergizi. Padahal setelah diteliti, singkong dan daun kelor memiliki kandungan gizi yang luar biasa,’’ imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala puskesmas Poncol mengatakan Germas yang lahir karena pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilakukan oleh seluruh masyarakat. Permasalahan kesehatan yang timbul saat ini merupakan akibat dari perilaku hidup yang tidak sehat, ditambah lagi dengan sanitasi lingkungan serta ketersediaan air bersih yang masih kurang memadai. “jelasnya”

Pencanangan Germas di Kec. Poncol ini ditandai dengan pelaksanaan Senam Aerobick, pelayanan dan pemeriksaan kesehatan kepada warga bertempat di ruangan Koramil 0804/05 sebagai bentuk kerjasama dan sinergitas lintas sektor kewilayahan serta  dan Pelepasan balon udara oleh Bupati Magetan DR. Drs. H.Suprawoto SH. Msi. (R.05)

Tinggalkan Balasan