Magetan. Jum’at, 3 November 2017. pemerintah telah menetapkan Program Swasembada Daging Sapi dan Kerbau (PSDSK), dimana program ini dibuat dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan hewan asal ternak berbasis sumberdaya domestik. Program ini diharapkan mampu meningkatkan pendapatan petani peternak, mengurangi kemiskinan dan terpenuhinya kebutuhan daging dari ternak – ternak lokal sehingga dapat mengurangi ketergantungan impor.

Kabupaten Magetan memiliki sumberdaya peternakan yang cukup besar, sehingga Pemerintah Kabupaten Magetan menetapkan pertanian secara luas (termasuk peternakan) sebagai salah satu prioritas unggulan yang diharapkan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dan kesejahteraan masyarakat.
Dalam rangka mendukung Program Pemerintah Swasembada Daging Sapi dan Kerbau, berbagai program dan kegiatan telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Peternakan Perikanan (Disperterikan) dan didukung oleh Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahan Pangan Kabupaten Magetan melalui Penyuluh – penyuluhnya di desa- desa.

Salah satu bukti nyata dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah penyaluran bantuan – bantuan ternak dan juga alat – alat peternakan yang disalurkan Pemerintah melalui Dispeterikan Kabupaten Magetan dimana acara penyerahan secara simbolis bantuan ternak sapi Po Kepada Kelompok ternak Damarwulan Desa Baluk Kec. Karangrejo.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan kab Magetan, Drh Kustini,M Si. Sekcam Karangrejo Jaka Prstawa. Ketua Poktani Ternak bpk Sriyono. Bati Wanwil Koramil 07/Karangrejo Serma Hariyono dan Babinkamtipmas desa Baluk Aipda Jarot. Dalam kegiatan tersebut diserahkan bantuan ternak 13 ekor sapi PO

Dalam sambutannya Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan kab Magetan, Drh Kustini,M Si menyampaikan bahwa semua usaha pemerintah Kabupaten Magetan ini membutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk menyukseskannya. Kepada SKPD terkait, kami harapkan untuk terus memantau dan memberikan pendampingan terhadap bantuan ternak ini, dengan memberikan bekal ketrampilan serta pembinaan terhadap kelompok ternak.

Kepala Dinas Peternakan juga berharap program – program yang telah, sedang dan akan dilaksanakan tersebut bisa bermanfaat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di wilayah potensi peternakan Kabupaten Magetan.

Tinggalkan Balasan