Magetan. Kamis,  02 Nopember 2017. Kampung Keluarga Berencana (KB) adalah Satuan Wilayah setingkat RW, dusun atau Setara, yang memiliki kriteria tertentu, dimana keterpaduan program kependudukan, Keluarga Berencana, Pembangunan Keluarga, dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakana secara sistemik dan sistematis. Tujuan Kampung Keluarga berencana (KB) adalah untuk meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat ditingkat kampung Keluarga Berencana (KB) melalui program kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Pecanagan kapung KB Th. 2017  Kab. Magetan kali ini dilaksanakan  di Desa Balerejo Kec . Kawedanan

Dalam pencanagan kampung KB ini dihadiri oleh Sekda Magetan (Bpk. Dr. Drs. Bambang Trianto M. M) beserta istri. Kepala BKKBN Jatim (Bpk. H. Yenrisal makmur SP. MM). Kepala Dinas PPKB PPPA (Drs Samsudin)beserta istri. Camat Kawedanan (Bpk.Cahaya Wijaya S.STP,M.Si). Kapolsek Kawedanan (Akp.Santoso SH). Danramil 0804/10 Kawedanan (Kapt.Inf.Sugiri). Kepala KUA (Bpk. Anwar S. Ag). Forkopimca Sekab. Magetan. Kades/Kakel Sekec. Kawedanan dan Jajaran Puskesmas Sekab. Magetan.

Kepala Perwakilan BKKBN Jatim H. Yenrisal makmur SP. MM menyampaikan Kampung KB ini dibentuk berdasarkan arahan dari Presiden RI melalui surat edaran Mendagri Namor 440/70 SJ tanggal  11 Januari 2016 perihal pencanangan dan pembentukan Kampung KB di seluruh Indonesia.”pungkasnya”

Bupati Magetan yang  diwakili Sekda Kab. Magetan Dr. Drs. Bambang trianto MM dalam sambutanya menyampaikan bahwa K ampung KB merupakan salah satu implementasi nawacita atau sembilan agenda prioritas pembangunan pemerintah yakni nawacita ketiga membangun indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa. Bapak Presiden memprogramkan kampung KB  agar pembangunan manusia betul-betul dimulai dari desa terutama kampung terpencil dan daerah tertinggal.

Perlu diketahui bahwa pada tahun 2016 telah dibentuk 1 (satu kampung KB di Desa Janggan Kecamatan Poncol) dan sampai saat ini telah dibentuk 19 Kampung KB di kabupaten magetan, selanjutnya pada tahun mendatang  jumlah kampung KB harus terus bertambah. Dalam pembangunan penduduk jumlah yang besar seharusnya merupakan kekuatan akan menjadi ancaman bila terjadi ledakan penduduk yang tidak berkualitas dengan adanya kampung KB di kabupaten dapat menekan magetan diharapkan mewujudkan pertumbuhan penduduk dan berkualitas masyarakat serta keluarga sejahtera di masa mendatang. “Terangnya”

Saya ucapkan selamat kepada dinas ppkb dan pppa kabupaten magetan atas terselenggaranya pencanangan kampung KB di dusun tunggu, desa balerejo. Kecamatan kawedanan, kabupaten magetan pada tahun 2017 ini. Dengan harapan untuk  mengoptimalkan pelaksanaan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga perlu dilakukan langkah-langkah strategis pembangunan yang langsung bersentuhan dan memberikan manfaat kepada masyarakat.

 

 

Tinggalkan Balasan