Poncol. (Selasa,19/12/2017) Pembahasan Pra APBDes Desa Sombo Tahun Anggaran 2018 dilaksanakan Balai Desa Sombo, Kegiatan tersebut dihadiri Kades Sombo Ismadi, Sekcam Poncol Bpk. Handoyo, Kasi PMD Kec. Poncol Bpk. Maryono, Babinsa Desa Sombo Serda Hartono, Babikamtibmas Aiptu Samirin, seluruh Perangkat Desa Sombo, Rt/Rw se Desa Sombo dan seluruh anggota BPD. Dalam pembahasan yang menjadi topik utama tentang perubahan beberapa program kegiatan yang telah dirancang. Pembahasan  Pra APBDes TA. 2018 ini, cukup alot, rapat pembahasan ini dilakukan perbidang, dari 4 (empat) bidang. Draf APBDes disampaikan oleh Saudara Ismadi (Kades Sombo) dan selanjutnya anggota PBD memberikan masukan sesuai dengan kepentingan masyarakat.

Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa yang pertama kali dibuka pada pembahasan, cukup berjalan lancar dan dapat disetujui oleh seluruh Anggota BPD. Peningkatan pelayanan kepada Masyarakat yang sesuai dengan Visi dan  Misi Kepala Desa, sehingga anggaran yang nantinya akan terserap tentang perubahan tata ruang pelayanan yang optimal, sehingga masyarakat yang membutuhkan pelayanan merasa nyaman. Pemerintah Desa kaitannya dengan pelayanan kepada masyarakat bahwa setiap masyarakat yang membutuhkan pelayanan administrasi apapun tidak ada pungutan.

Namun, pembahasan pada 3 (tiga) bidang selanjutnya (Bidang Pembangunan Desa, Bidang Pembinaan Kemasyarakatan, dan Bidang Pemberdayaan Masyarakat) cukup memberikan tantangan bagi Tim Penyusun RAPBDes, karena setiap kegiatan harus benar-benar berasal dari aspirasi masyarakat melalui Musyawarah tingkat dusun dan musyawarah tingkat desa, dan harus berdasarkan kebutuhan masyarakat bukan atas dasar kepentingan beberapa golongan. Dalam pembahasan Pra APBDes anggota BPD banyak sekali memberi masukan kepada Pemerintah Desa tentang beberapa program pembangunan fisik, pengelolaan Kekayaan/Aset desa dan yang terkait dengan peningkatan pemberdayaan masyarakat.

Disela –sela pertemuan Babinsa Desa Sombo Serda Hartono Menyampaikan hendaknya dalam penggunaan dana untuk pembangunan desa dilakukan dengan transparan dan dengan skala prioritas, lembaga desa serta masyarakat agar bersama-sama ikut mengawasi dalam pelaksanaannya sehingga dana yang telah disepakati bersama betul-betul digunakan untuk pembangunan desa agar nantinya hasil pembangunan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat desa sombo. (serda hartono R05)

Tinggalkan Balasan