Karangrejo, Koramil 0804/07 Karangrejo Melaksanakan Pam Tahunan Istiqbal Munas Tablik Akbar Keluarga Besar Ponpes Al Fatah Temboro Kec Karas Kab Magetan bertempat di Ponpes Al Fatah Temboro Kec Karas Kab Magetan telah dilaksanakan kegiatan tahunan Istiqbal Tablik akbar keluarga besar Ponpes Al Fatah Temboro pada hari terakhir dalam rangka mensukseskan pembangunan manusia seutuhnya dengan membangun sifat dan karakter yang terpuji dan mulia sebagai penanggung jawab KH Umar Fatah pimpinan Ponpes Al Fatah Temboro dihadri 20.000 Jamaah Tablik dari berbagai daerah Minggu (3/11).

Hadir dalam kegiatan Kyai Sepuh dan segenap pengurus Ponpes Al Fatah Temboro. Keluarga besar alumi Ponpes Al Fatah Temboro dari berbagai daerah.Santri Ponpes Al Fatah Temboro. Jamaah Tablik dari berbagai daerah.Warga sekitar Ponpes Al Fatah Temboro.

Seluruh jamaah melaksanakan Sholat Subuh berjamaah dilanjutkan Pengajian umum yang disampaikan oleh KH Yusuf Al Baqir dengan tema” Pentingnya akhlak dan budi pekerti” Akhlak merupakan roh Islam yang mana agama tanpa akhlak sama seperti jasad yang tidak bernyawa.karena salah satu misi yang dibawa oleh Rasulullah saw ialah membina kembali akhlak manusia yang telah runtuh sejak zaman para nabi yang terdahulu. Bahwa pada zaman jahilliyyah dimana akhlak manusia telah runtuh, pada jaman jahilliyah manusia suka minum minuman yg memabukkan, membuang anak, membunuh, melakukan kezaliman sesuka hati, menindas, suka menjolimi kaum yang rendah martabatnya dan sebagainya dengan perbuatan itu mereka dianggap tidak berakhlak dan tidak ada bedanya dengan manusia yang tidak beragama. Akhlak juga merupakan nilai yang menjamin keselamatan kita dari siksa api neraka, Islam menganggap mereka yang tidak berakhlak tempatnya di dalam neraka. seseorang yg suka melakukan maksiat, durhaka kepada kedua orang tuanya, melakukan kezhaliman sudah pasti Allah akan menolak mereka untuk dijadikan ahli syurga. Akhlak juga merupakan ciri-ciri kelebihan di antara manusia karena akhlak merupakan lambang kesempurnaan iman, ketinggian taqwa dan kealiman seseorang manusia yang berakal.orang yang sempurna imannya ialah mereka yang paling baik akhlaknya. Akhlak merupakan perhiasan diri bagi seseorang karena orang yang berakhlak jika dibandingkan dengan orang yang tidak berakhlak tentu sangat jauh perbedaannya. Akhlak tidak dapat dibeli atau dinilai dengan suatu mata uang apapun, akhlak merupakan wujud di dalam diri seseorang yang merupakan hasil didikan dari kedua orang tua serta pengaruh dari masyarakat sekeliling mereka yg secara tidak langsung akan mempengaruhi tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu akhlak sangatlah penting artinya dalam kehidupan bermasyarakat, bila suatu masyarakat tidak di bangun dengan asas akhlak yang mulia pasti akan terjadi suatu kehancuran pada masyarakat itu. Sedangkan budi pekerti sangat penting bagi setiap orang oleh karena itu pendidikan budi pekerti wajib di pelajari oleh siapapun.budi pekerti menyangkiut tentang norma-norma yg ada di sekeliling kita, selain itu budi pekerti juga mempelajarkan seseorang untuk bertingkah laku yg baik. Dengan demikian budi pekerti berarti kesadaran yang ditampilkan oleh seseorang dalam berprilaku.

budi pekerti diartikan sebagai tingkah laku, perangai, akhlak dan watak. budi pekerti dalam bahasa Arab disebut juga dengan akhlak. Budi pekerti secara operasional merupakan suatu prilaku positif yang dilakukan melalui kebiasaan yg diajarkan sejak kecil sampai dewasa melalui latihan-latihan seperti berpakaian, cara berbicara, cara menyapa dan menghormati orang lain. Dengan demikian akhlak dan budi pekerti merupakan bagian penting dari kehidupan manusia yang mana menyangkut tentang prilaku manusia tersebut.

Pengarahan dan Doa oleh ulama sesepuh Ponpes Al Fatah Temboro  Tetap semangat laksanakan siar agama dengan jalan Allah seperti yg diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Tetap berdoa kepada Allah meskipun sakit hingga akhir hayat nantinya kita akan di Doakan oleh para malaikat Allah. Banyak berdoa kpd jalan Allah insallah Allah akan memberikan hidayah dan berkah yg akan berlimpah kpd kita. Jaga Sholat 5 waktu berjamaah, sholat Tahajjud tiap malam serta luangkan waktu untuk membaca Qur’an tiap hari minimal 1 juz serta amalkan dzikir dan wirid pagi, petang agar terjaga dari adab-adab yg buruk. Berdakwah menegakkan agama Allah akan mendapatkan keberkahan, jangan takut meninggalkan rumah dan anak istri karena Allah akan menjaga rumah kita dan anak istri kita sebagaimana Allah menjaga Baitullah. Doa penutup dilanjutkan sholat Dzuhur berjamaah. Seluruh rangkaian kegiatan tahunan istiqbal tablik akbar keluarga besar Ponpes Al Fatah Temboro selesai, selanjutnya seluruh jamaah meninggalkan Ponpes Temboro menuju ke daerahnya masing masing. (tsr 0804)

Tinggalkan Balasan