Barat, Menurut kamus umum Bahasa Indonesia, Disiplin berarti melatih batin dan watak supaya perbuatannya menaati tata tertib. Disiplin diri berarti melatih diri melakukan segala sesuatu dengan tertib dan teratur secara berkesinambungan untuk meraih impian dan tujuan yang ingin dicapai dalam hidup. Pada hari Senin tanggal 11 Desember 2017 pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai, 2 anggota dari Koramil 0804/08 Barat mendampingi Pramuka Saka Wira Kartika SMAN 1 Barat Gudep 0757-0758  dalam kegiatan acara Longmarch yang bertempat di Desa Geni Langit Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Kegiatan ini sudah menjadi agenda tiap tahun khusus yang di peruntukan bagi kelas 10. Siswa dan siswi berangkat pukul 07.00WIB dari sekolah SMAN 1 Barat, mereka terlihat sangat semangat dan senang hati untuk mengikuti kegiatan Longmarch ini.

Sampai di lapangan Geni Langit pukul 08.30 WIB kemudian para siswa dan siswi SMAN 1 Barat kumpul dan berbaris untuk mendapat giliran pemberangkatan, dimana perjalanan yang di tempuh diperkirakan sejauh kurang lebih 5 KM. Di sepanjang perjalanan mereka melewati rumah penduduk yang padat dan jalan raya yang banyak di lewati kendaraan, jalanan yang naik, turun dan datar tak membuat mereka pantang menyerah dan putus asa untuk mengikuti kegiatan Longmarch tersebut.

Tidak terasa akhirnya sampai di Pos 1 mereka di beri tugas menulis sandi rumput sesuai dengan yang di perintahkan olek kakak senior Dewan Ambalan, selesai mengerjakan tugas mereka melanjutkan perjalanan dengan menelusuri jalanan yang semakin naik yang tak menggetarkan semangat mereka, jalanan yang dipinggiran di hiasi dengan pemandangan, banyak bunga warna warni menambah indahnya perjalanan tersebut, saat jalanan mulai datar kurang lebih sejauh 2 KM mereka sampai di Pos 2 dimana pada pos ini ada tugas untuk menjawab pertanyaan dari kakak Senior Dewan Ambalan. Setelah menyelesaikan tugas bagi regu yang menjawab pertanyaan kurang benar mereka di beri hukuman yang berupa mencari daun untuk dipasang di atribut mereka. Kemudian mereka melanjutkan perjalanan lagi, ada beberapa siswa yang kelelahan, petugas PMR langsung menangani, peristiwa tersebut tak memberhentikan perjalanan mereka, kemudian mereka melewati kebun dan lahan pertanian penduduk yang kelihatan sangat indah dan udaranya yang sejuk, jalanan setapak yang becek juga mereka lewati, selanjutnya sampai pada Pos 3 pada pos ini siswa dan siswi di berikan tugas untuk menampilkan yel – yel mereka, selesai mereka melaksanakan tugas tersebut kemudian melanjutkan lagi perjalanan sampai akhirnya sampai di finish tempat wisata Geni Langit. Di sana sudah ada kakak senior Dewan Ambalan yang siap menunggu kedatangan adik – adiknya dan untuk membagikan snack serta makan siang, setelah makan siang mereka diberikan kebebasan untuk berfoto – foto, lelah yang dirasakan serasa hilang saat mereka sampai di daerah wisata Geni Langit tersebut.

     Kemudian acara dilanjutkan dengan sholat dhuhur dan berkumpul untuk persiapan pulang, mereka berkumpul di lapangan area parkiran, Pembina dan Pendamping dari Koramil mengadakan pengecekan personel dan materiil, serta mengakhiri dengan berdoa bersama untuk perjalanan pulang.

     Sampai di sekolah SMAN 1 Barat para siswa dan siswi sampai dengan keadaan aman, tertib dan lancar, sehingga semua siswa dan siswi di perbolehkan untuk pulang ke rumah masing – masing. (tsr 0804)

Tinggalkan Balasan