Parang – Jum’at, 19/01/2018 Koramil 0804/04 Parang kenalkan SIMOKOS kepada Siswa-Siswi MTs Roudlotul Ulum, Bertempat di MTs Roudhotul Ulum Koramil 0804/04 Parang menyampaikan beberapa materi dalam kegiatan SIMOKOS diantaranya materi waswasan kebangsaan,  pengetahuan umum, pemutaran film tentang kegiatan TNI dan permanan outbond. Kegiatan tersebut disambut dengan senang hati dan penuh antusias oleh seluruh siswa yang hadir.

Pada kesempatan tersebut Bati Bhakti TNI Koramil 0804/04 Parang menjelaskan tentang Empat Pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika serta tiga unsur pokok Wawasan Kebangsaan yaitu Rasa kebangsaan, Paham Kebangsaan, dan Semangat Kebangsaan. Wawasan kebangsaan lahir ketika bangsa Indonesia berjuang membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan, seperti penjajahan oleh Portugis, Belanda, Inggris, dan Jepang.

Wawasan kebangsaan adalah cara kita sebagai Bangsa Indonesia di dalam memandang diri dan lingkungannya dalam mencapai tujuan Nasional yang mencakup perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai kesatuan politik, sosial budaya, ekonomi dan pertahanan keamanan, dengan berpedoman pada falsafah Pancasila dan UUD 1945 atau dengan kata lain bagaimana kita memahami Wawasan Nusantara sebagai satu kesatuan Poleksosbud dan Hankam.

Pancasila digunakan untuk menjadi dasar dalam mengatur segala bentuk arah dan gerak pemerintahan negara yang bertujuan untuk mengatur setiap penyelenggaraan dalam bernegara. Di sampaikan juga kepada siswa siswi bahwa apabila Pancasila sudah di amalkan dalam kehidupan dalam bermasyarakat di jamin negara yang kita cintai ini akan aman tentram dan sejahtera. “tegasnya”

Babinkamtibmas Ds Bungkuk Bripka Alid pada kesempatan itu juga menyampaikan tentang tata tertib berkendaraan atau berlalulintas ditekankan bahwa tidak dipungkiri para siswa – siswi ini banyak yang mengendarai sepeda motor sendiri, Babinkamtias menghimbau agar yang naik sepeda sendiri mematuhi aturan lalulintas dijalan, membawa surat dan kelengkapan kendaraan bermotor seperti melengkapi spion, SIM dan STNK serta harus memakai helm standar. “jelasnya”

Kepala sekolah Madrasah Tdanawiyah Roudlotul ulum Ds  Bungkuk  Bapak Drs Darno Spd mengucapkan terima kasih kepada Bapak – Bapak dari Koramil dan Polsek yang sudah meluangkan waktunya untuk memberikan materi wawasan kebangsaan di sekolahnya, mudah-mudahan dengan pembekalan ini siswa-siswi lebih bisa mendalami empat pilar, serta lebih mendalami kecintaannya terhadap TNI, Bangsa serta Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Tinggalkan Balasan