Parang – Simokos Koramil 0804/04 Parang disambut meriah di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu  Nurul Amal Parang, kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Bati Bakti TNI Koramil 0804/04 Parang Serma Kadirun. Turut hadir dalam kegiatan tersebut  Babinsa Kelurahan Parang Serka Ekna, Babinkamtibmas Kelurahan Parang, Bripka Ervin beserta Anggota Polsek Parang, Bati Komsos 0804/04 parang Sertu Sunaryo, Anggota Koramil 0804/04 Parang, Kepala Sekolah MIT Nurul Amal serta para guru dan siswa – siswi jumlah  120 orang. kamis, 18/01/2018

Bati Komsos Koramil 0804/04 Parang Sertu Sunaryo memberikan ulasan tujuan Simokos, serta memberikan wawasan kebangsaan ( wasbang ) kepada semua siswa yang hadir. Simokos merupakan wahana untuk memotipasi mengajak para siswa untuk lebih giat membaca, untuk menambah wawasan dan meningkatkan ilmu pengetahuan. Dalam penyampaian wasbangnya siswa – siswi setingkat SD memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa. Usia seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan kebangsaan yang memadai untuk mewarnai perjalanannya meraih cita-cita dimasa yang akan datang. Dengan alasan tersebut, siswa setingkat SD juga perlu diberi materi tentang wawasan kebangsaan.

Sertu Sunaryo mengatakan, pemberian pembekalan wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi setingkat SD materinya disesuaikan dengan kemampuan daya pikir anak setingkat SD. Yaitu, dengan pola mengajak kembali untuk mengingat nama-nama para pahlawan nasional serta perjuangannya. Selain itu bisa juga dengan menyanyikan lagu-lagu nasional, penanaman nilai-nilai saling menghormati, kesetiakawanan, dan sopan santun. Selain itu juga bisa dengan giat belajar sebagai bagian dari perjuangan adik-adik siswa-siswi setingkat sekolah dasar,” jelasnya.

Menurut Sertu Sunaryo  dengan penyampaian materi wawasan kebangsaan, diharapkan tumbuh rasa bela negara, rasa cinta Tanah Air dan berwawasan kebangsaan. Nantinya, siswa dapat menjadi generasi yang berkompeten dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ia berpesan kepada siswa-siswi agar selalu rajin belajar, berlaku sopan kepada orang tua, guru dan kepada siapapun juga.

“Sesuai dengan tingkatanya, tentu pemberian wawasan tersebut harus disesuaikan dengan keadaan usia. Sehingga bisa mudah dicerna, dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupan” imbuh Bati Bhakti TNI Koramil 0804/04 Parang Serma Kadirun.

Pada kesempatan tersebut Babinkamtibmas Polsek Parang Bripka Ervin memberikan materi mengenai tanda – tanda rambu – rambu lalulintas dijalan raya yang suatu saat nanti perlu diperhatikan dan dipatuhi karena suatu saat nanti para siswa – siswi ini pasti mengalami naik kendaraan bermotor. Ia juga menyampaikan mengenai adap sopan santun dan tata krama kepada orang tua sehingga diharapkan nantinya para siswa bisa mengerti dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. “jelasnya”

Kepala Sekolah MIT Nurul Amal Ibu Sulis Nuryani Spd berharap, kegiatan seperti ini agar lebih sering dilaksanakan, kegiatan wawasan kebangsaan dapat menumbuhkan minat belajar bagi siswa. “Anak-anak itu sangat bangga dan mengidolakan TNI, Jadi dengan hadirnya TNI di sekolah kami dapat membantu menyemangati siswa-siswi untuk belajar lebih giat” terangnya. ( R04)

Tinggalkan Balasan