Karangrejo , Kendaraan Simokos (Sarana Interaksi Motor Kamunikasi Sosialal ) Koramil 0804/07 Karangrejo singgah di Ponpes Al – Fatah ( Diniyah ) Kel. Manisrejo Kec. Karangrejo Kab. Magetan. Tujuan kegiatan tsbt utk memelihara dan meningkatkan wawasan kebangsaan terhadap para santri . Senin (29/01/18)

Danramil 0804/07 Karangrejo dalam memberikan materi tentang Wawasan Kebangsaan ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa Nasionalisme / cinta tanah air NKRI kepada para Santri karena kedepan mereka inilah yang akan menjadi generasi penerus bangsa

Selain itu, untuk memperdalam makna tentang Wawasan kebangsaan, sebagai mana kita ketahui bersama bahwa di jaman sekarang sudah jarang materi-materi mengenai Wawasan kebangsaan diajarkan di pondok maupun di sekolah sekolah dan para santri tampak semangat dan antusias dalam menerima pembekalan tersebut.

Kapten inf Arif W menjelaskan tentang Empat Pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika serta tiga unsur pokok Wawasan Kebangsaan yaitu Rasa kebangsaan,  Paham Kebangsaan, dan Semangat Kebangsaan.

Wawasan kebangsaan mulai lahir dan di sadari oleh bangsa Indonesia yg mempunyai tekad bersatunya Indonesia ketika bangsa Indonesia tengah menghapi perjuangan mengusir / melawan kolonial penjajah dari bumi Nusantara yg tercinta demi kelangsungan kehidupan yg merdeka dan berdaulat / membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan, yg telah dialami oleh nasib bangsa Indonesia pada masa penjajahan oleh  Belanda dan Jepang.

Wawasan kebangsaan adalah cara kita sebagai Bangsa Indonesia di dalam memandang diri dan lingkungannya dalam mencapai tujuan Nasional yang mencakup perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan Politik, Sosial Budaya, Ekonomi dan Pertahanan Keamanan, dengan berpedoman pada falsafah Pancasila dan UUD 1945 atau dengan kata lain bagaimana kita memahami Wawasan Nusantara sebagai satu kesatuan IPOLEKSOSBUD dan HANKAM.

Pancasila digunakan untuk menjadi dasar dalam mengatur segala bentuk arah dan gerak pemerintahan negara yang bertujuan untuk mengatur setiap penyelenggaraan dalam bernegara. Di sampaikan juga kepada siswa siswi bahwa apabila Pancasila sudah di amalkan dalam kehidupan dalam bermasyarakat di jamin negara yang kita cintai ini akan aman tentram dan sejahtera.

Ustads Mukhsin mengucapkan terima kasih kepada Bapak – Bapak dari Koramil dan Polsek yang sudah meluangkan waktunya untuk memberikan materi wawasan kebangsaan di pondoknya, mudah-mudahan dengan pembekalan ini para santri lebih bisa mendalami empat pilar, serta lebih mendalami kecintaannya terhadap TNI, Bangsa serta Negara Kesatuan Republik Indonesia. (R-07)

Tinggalkan Balasan