Karangrejo. Bintara Pembina Desa Baluk Serda Nur Basuki Koramil 0804/07 Karangrejo Kodim 0804/Magetan laksanakan pendampingan Pelatihan Tanaman Hortikultura anggota Gapoktan Ridho Desa Baluk  Kec. Karangrejo Kab. Magetan, bertempat di  Balai Pelatihan Tani Klinik Pertanian Organik Kembang Langit Jln. Raya Tutugan Ds. Haruman, Kec. Leles Kab. Garut Jabar. (Rabu.4/4/18)

Fokus utama pelatihan ini adalah untuk membekali para petani  dengan metode pembuatan produk pertanian baru, organik dan ramah lingkungan. Dalam pelatihan ini, peserta diberi pelajaran cara membuat pupuk organik, pestisida nabati, pakan ternak fermentasi, budidaya tanaman hortkultura dengan metode poly bag dan mendorong sistem pendanaan pelatihan berbasis masyarakat.

Bpk. Ir. S Jauharman kepala techknik aplikasi lapangan mengatakan bagaimana mengolah tanah atau tanaman dengan metode kami, dengan harapan  setelah belajar, mendapat ilmu dari sini terapkanlah ilmu atau metode kami di desa bapak – bapak semua, sehingga akan terjalin kemitraan di antara kita, dan kami juga mengharapan para anggota gapoktan yang sudah datang di tempat kami, bisa memberikan ilmu itu kepada petani lainya yang tidak bisa datang ke sini, dan secara tidak langsung bapak- bapak semua menjadi penyuluh swadaya. “terangnya”

Kami menaruh harapan besar agar setelah melaksankan pelatihan ini kesejahteraan petani semakin meningkat dan dengan mengkomsumsi tanaman yang menggunakan  pupuk organik otomatis kita akan mengkonsumsi bahan makanan yang tidak mengandung bahan kimia, seehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. “imbuhnya”

H. Mubin selaku ketua gapoktan Ridho desa Baluk yan turut dalam pelatihan tersebut sangat berterima kasih kepada Koramil 07/ Karangrejo termasuk Babinsanya yang ikut peduli dan bersedia mendampingi pelatihan ini. Sehingga para petani merasakan dan senantiasa terbantu dengan adanya pendampingan babinsa. ”Ujarnya” (R.07)

Tinggalkan Balasan